×

Iklan


YDY Bangun Tempat Ibadah ke-21

01 November 2020 | 20:20:55 WIB Last Updated 2020-11-01T20:20:55+00:00
    Share
iklan
YDY Bangun Tempat Ibadah ke-21
Rusdi Saleh (di tengah) selaku perpanjangan tangan Yayasan Darianis Yatim saat meninjau lokasi pembangunan tempat ibadah di Taruko Permai, Kelurahan Simpang Rumbio, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok.

SOLOK, Khazminang—Bila izin dari Walikota Solok sudah keluar, Yayasan Darianis Yatim (YDY) segera membangun sebuah mushala di tanah fasum seluas 700 meter persegi di daerah Taruko Permai, Kelurahan Simpang Rumbio, Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok, Sumatera Barat (Sumbar).

“Ini merupakan tempat ibadah umat Islam yang ke-21 dibangun oleh yayasan milik H. Yenon Orsa, seorang perantau Solok semenjak didirikan pada tahun 2012 lalu,” kata Rusdi Saleh selaku perpanjangan tangan Yayasan Darianis Yatim pada Khazminang melalui telpon selulernya saat dihubungi Minggu 1 November 2020.

Dikatakan Rusdi Saleh yang juga merupakan anggota DPRD Kota Solok dari Partai Amanat Nasional (PAN) itu, selama ini Yayasan Darianis Yatim memang aktif melakukan pembangunan bidang keimanan, ketaqwaan dan pendidikan di Sumatera Barat umumnya dan Kabupaten serta Kota Solok khususnya mulai semenjak yayasan itu berdiri.

     “Sebagai seorang muslim sudah sepatutnya kita untuk mengimani bahwa Allah itu maha mengetahui, sehingga apapun yang diketahui oleh manusia masih terbatas sedangkan segalanya itu telah diketahui oleh Allah, baik itu yang sudah atau belum terjadi. Oleh sebab itu, Insya Allah Yayasan Darianis Yatim akan membangun sebuah mushala di lahan fasum yang kosong di RT 02 RW 04 Taruko Permai, Kelurahan Simpang Rumbio,” kata pria yang menjadikan Partai Amanat Nasional sebagai sarana untuk mengantarkan pemikiran dan gagasan-gagasannya untuk ikut mewarnai pembangunan Kota Solok ini.

                Kendati demikian, kata Rusdi Saleh, mushala itu tidak bisa sertamerta dibangun. Karena tata cara mendirikan rumah ibadah telah diatur dalam Peraturan Bersama Menteri Agama dan Menteri Dalam Negeri Nomor 8 dan Nomor 9/2006, tentang Pedoman Pelaksanaan Tugas Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah dalam Pemeliharaan Kerukunan Umat Beragama, Pemberdayaan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), dan Pendirian Rumah Ibadah.

    Ia pun mengatakan bahwa pendirian rumah ibadah wajib memenuhi Pasal 14, ayat 1, yang berbunyi, pendirian rumah ibadah harus memenuhi persyaratan administratif dan persyaratan teknis bangunan gedung.

    “Dalam Pasal 14 ayat 2 disebutkan, pendirian rumah ibadah harus memenuhi persyaratan khusus meliputi daftar nama dan Kartu Tanda Penduduk pengguna rumah ibadah paling sedikit 90 orang yang disahkan oleh pejabat setempat. Apabila semua persyaratan sudah terpenuhi, maka pemerintah daerah atau pihak yayasan—seperti Yayasan Darianis Yatim--berkewajiban untuk memfasilitasi tersedianya pembangunan rumah ibadah itu,” kata Rusdi Saleh menjelaskan.

    Dikatakannya, Insya Allah bila izin dari Walikota Solok sudah keluar, Yayasan Darianis Yatim segera akan membangun sebuah mushala di tanah fasum seluas 700 meter persegi di RT 02 RW 04 Taruko Permai, Kelurahan Simpang Rumbio itu. (Febriansyah Fahlevi)