×

Iklan


Wisuda Khatam Alquran 30 Juz, Ketua DPW Muhammadiyah Sumbar Cium Tangan Napi Rutan Padang Panjang

13 Apr 2021 | 23:42:51 WIB Last Updated 2021-04-13T23:42:51+00:00
    Share
iklan
Wisuda Khatam Alquran 30 Juz, Ketua DPW Muhammadiyah Sumbar Cium Tangan Napi Rutan Padang Panjang
Rutan Padang Panjang mengirim dua Santri Narapidananya yakni Budiman dan Fauzi Rahaman ikut dalam prosesi diwisudaWisuda Haflah ke-10 Khatam Tahfiz Qur

Padang Panjang, Khazminang.id-- Sabtu 10 April 2021 lalu , Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi Ansharullah membuka Kegiatan Wisuda Haflah ke-10 Khatam Tahfiz Qur'an  yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padang Panjang.

 

Rutan Kelas IIB Padang Panjang sebagai Cabang Pondok Pesantren Muhammadiyah Kauman Padang Panjang yang telah disah kan sejak 25 Februari 2021 lalu tidak ketinggalan mengirimkan warga binaannya untuk mengikuti wisuda tersebut.

     

    Rudi Kristiawan sebagai Karutan Padang Panjang juga  mengirim dan mendampingi dua  Santri Narapidananya  yang ikut dalam prosesi diwisuda tersebut.

     

    Kedua santri dari Rutan Padang tersebut atas nama Budiman Muhammad Nur yang terlibat kasus perlindungan anak dengan hukuman 10 tahun mengikuti Wisuda 30 Jus.

     

    Sedangkan Fauzi Rahman warga binaan yang terlilit kasus narkoba dan dihukum lima tahun  mengikuti Wisuda 4 Jus.

     

    Rudi sebagai Karutan menyampaikan bahwa dirinya sangat bangga ada dua narapidana dari instansi yang dia pimpin bisa mewakili Instansi Lapas / Rutan Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Barat pada khususnya dan seluruh Indonesia pada umumnya.

     

    “Ini salah satu indikator pembinaan di Rutan Padang Panjang berhasil,” jelas Rudi.

     

    Sementara itu Gubernur Sumatera Barat Mahyeldi menyampaikan apresiasi kepada seluruh santriwan dan santriwati yang mengikuti wisuda tersebut.

     

    “Terkhusus kami sampaikan Apresiasi kepada Karutan Padang Panjang yang telah berhasil mengantarkan anak didiknya untuk bisa ikut wisuda hari ini apalagi 30 jus lagi. Ini sangat luar biasa,” kata Mahyeldi.

     

    Menurut Mahyeldi hal tersebut adalah prestasi untuk Sumatera Barat di kancah nasional, dan  sebagai reward Mahyeldi memberikan hadiah uang tunai sebesar masing-masing 1,5 juta Rupiah untuk Wisuda anak 30 jus termasuk santriwan dari Narapidana Rutan Padang Panjang.

     

    Selain Mahyeldi Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumatera Barat Sol Sofat juga memberikan apresiasi dan hadiah uang tunai sebesar 1 juta Rupiah kepada Santriwan yang diwisuda 30 jus hari itu.

     

    Bahkan Sol Sofat meminta untuk cium tangan wisudawan 30 Jus termasuk Narapidana perwakilan Rutan Padang Panjang Budiman yang sudah khatam Tahfiz 30 jus karena merasa ilmunya santriwan Budiman lebih tinggi daripadanya.

     

    “Maka dari itu saya harus hormat,” ungkap Sol Sofat.

     

    Karutan Rudi Kristiawan mengungkapkan bila ikut serta kegiatan ini sudah mendapatkan ijin dari Kakanwil dan Kadivpas Kemenkumham Sumatera Barat dan mengenai pengeluaran Narapidana sudah melalui proses sidang TPP Rutan Padang Panjang juga serta mendapatkan pengawalan ketat dari Petugas serta tetap mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 (Destia Sastra)