×

Iklan


Wawako Erwin Yunaz Apresiasi Kinerja Bawaslu Payakumbuh

23 Feb 2021 | 19:16:44 WIB Last Updated 2021-02-23T19:16:44+00:00
    Share
iklan
Wawako Erwin Yunaz Apresiasi Kinerja Bawaslu Payakumbuh
WAKIL Walikota Payakumbuh, Erwin Yunas saat memberikan sambutan pada acara evaluasi tahapan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar 2020 di Hotel Kolivera III Kota Payakumbuh, Selasa (23/2). LILI

Payakumbuh, Khazminang.id-- Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Payakumbuh mengadakan evaluasi pengawasan tahapan pemilihan umum Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Barat 2021 yang dilaksanakan di Hotel Kolivera III Kota Payakumbuh, Selasa (23/2).

Wakil Wali Kota Payakumbuh Erwin Yunaz dalam sambutannya mengatakan, meski dalam kondisi pandemi covid, namun Bawaslu Kota Payakumbuh diakui telah berhasil melaksanakan kegiatan dan pengawalan pemilu dengan baik.

Ditambahkan Erwin, keberadaan partai politik perlu adanya pergerakan kepada masyarakat. Negara butuh support dari warganya. Jika terjadi komunikasi yang baik, disitu akan terjadi peningkatan kualitas.

    "Kualitas pemerintahan sangat bergantung pada kualitas pemilihnya. Masyarakat harus cerdas karena dengan hak pilih masyarakatlah akan dapat mengubah sistem pemerintahan yang berkelanjutan," ujar Erwin.

    Di akhir sambutannya, Erwin berharap seluruh unsur yang terlibat dalam pelaksanaan pemilu serentak untuk dapat lebih mematangkan persiapan dalam penyelenggaraan pemilu di masa yang akan datang.

    "Kita berikan apresiasi kepada Bawaslu yang telah berhasil dalam pelaksanaan pemilu dengan sangat baik. Mari stakeholder kita bekerjasama dalam mencerdaskan pemikiran masyarakat untuk pelaksanaan pemilu dimasa yang akan datang," pungkas Erwin.

    Ketua Bawaslu Kota Payakumbuh, Khadafi menyebutkan bahwa pelaksanaan pengawasan tahapan pemilihan Gubernur-Wakil Gubernur Sumatera Barat tahun 2020 yang dilakukan pihaknya bersama seluruh unsur di Payakumbuh, berjalan dengan baik. Sehingga tidak terdapat kendala yang berarti dalam setiap tahapan Pilgub 2020 itu.

    Keberhasilan pengawasan Pilkada di Payakumbuh menurut Khadafi, bukan saja dilakukan oleh Jajaran Bawaslu hingga ke tingkat TPS, namun juga berkat peranan masyarakat dan pihak-pihak terkait lainnya, termasuk untuk melakukan pengawasan dalam hal penerapan protokol kesehatan di setiap tahapan.

    "Kita telah melalui berbagai dinamika dalam pelaksanaan pengawasan setiap tahapan Pilgub Sumbar tahun 2020 lalu. Bawaslu bersama masyarakat dan unsur lainnya telah maksimal melakukan pengawasan, dan hasilnya Pilkada kita berjalan dengan baik," ucapnya.

    Mantan Ketua KPU Payakumbuh itu juga menyebutkan, dalam melakukan pengawasan pihaknya tidak pandang bulu dalam menegakkan aturan. "Hukum penindakan adalah wajib, proses penindakan kita tanpa pandang bulu," tutupnya.

    Ketua KPU Kota Payakumbuh, Heidi Mursal saat memberikan sambutan menyebutkan bahwa Bawaslu telah maksimal dalam melakukan pengawasan terhadap setiap tahapan Pilgub yang dilaksanakan oleh KPU Payakumbuh.

    "Secara umum pelaksanaan Pilgub Sumbar di daerah kita berjalan dengan baik,” ujarnya.

    Turut hadir dalam kegiatan tersebut Forkopimda Kota Payakumbuh, OPD terkait, perwakilan organisasi kemasyarakatan dan segenap insan pers Kota Payakumbuh. Lili Yuniati