×

Iklan


Warga Padang, Jangan Buang Sampah di Lokasi Ini Jika Tak Mau Dipenjara

08 Juli 2024 | 16:14:28 WIB Last Updated 2024-07-08T16:14:28+00:00
    Share
iklan
Warga Padang, Jangan Buang Sampah di Lokasi Ini Jika Tak Mau Dipenjara
WARGA Kota Padang diingatkan untuk tidak membuang sampah sembarangan jika tidak mau tersangkut tipiring. IST

Padang, Khazminang.id-- Mulai hari ini, Senin 8 Juli 2024, Pemko Padang akan menerapkan sanksi tegas bagi setiap warga yang kedapatan atau tertangkap tangan membuang sampah sembarangan.

Hal tersebut sesuai Perda Kota Padang No. 11 tahun 2005 tentang Ketertiban Umum dan Ketenteraman Masyarakat, serta Perda Kota Padang No. 21 tahun 2012 tentang Pengelolaan Sampah.

"Para pelanggar akan dikenakan sanksi tindak pidana ringan (tipiring), dengan ancaman hukuman berupa denda sebesar Rp5 juta, atau sanksi kurungan tiga bulan penjara," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Padang, Fadelan Frista Masta, Senin (8/7).

    Untuk itu, Fadelan mengingatkan warga dan seluruh masyarakat Kota Padang untuk tidak membuang sampah secara sembarangan jika tak mau didenda atau dipenjara.

    Adapun lokasi terlarang untuk membuang sampah di antaranya jalan raya, trotoar, taman kota, aliran sungai, pantai, saluran drainase, tempat pembuangan sampah di luar jam operasional, serta di sembarang tempat lainnya yang bukan zona TPS dan tidak disediakan tempat sampah.

    "Mari bersama-sama kita jaga kebersihan lingkungan. Buanglah sampah pada tempatnya. Apalagi sekarang warga juga bisa memanfaatkan TPS mobile yang kita sediakan," katanya. Ryan Syair