×

Iklan

KENDALIKAN HAMA TANAMAN PANGAN
Wako Genius Ajak ASN Bergoro ke Sawah Rakyat

25 September 2021 | 23:49:09 WIB Last Updated 2021-09-25T23:49:09+00:00
    Share
iklan
Wako Genius Ajak ASN Bergoro ke Sawah Rakyat
Walikota Genius Umar libatkan ASN goro bersihkan area pertanian Desa Marabau

Pariaman, khazminang.id – Hama yang makin gencar menyerang tanaman pangan di Pariaman, ditengarai karena saluran air irisgasi di sekitar persawahan rakyat. Karena itu Walikota Genius Umar langsung turun mengajak para pegawai Pemko Pariaman untuk bergotong royong membersihkan saluran irigasi.

“Kalau tidak dibersihkan, kita khawatir panen akan terganggu dan produksi akan menurun, petani rugi masyaralatkan pun kehilanangan banyak kesempatan meningkatkan produksi,” ujar Walikota Pariaman, Genius Umar kepada Khazminang  kemarin di Pariaman.

    Genius Umar menyebutkan sektor pertanian khususnya padi sawah merupakan sektor pertanian andalan di Kota Pariaman, dimana 60 persen masyarakat di daerah ini umumnya adalah petani, dan ekonominya bergantung pada sektor pertanian.

    “Jika area ini telah bersih, tidak ad semak-semak lagi, maka seperti hama wereng, hama tikus, juga akan hilang karena hama tersebut berkembang biak di tempat-tempat kotor dan tempat yang penuh dengan semak-semak belukar, dan petani juga bisa mengatur kebutuhan air pada irigasi-irigasi yan saat ini telah tersedia,” sebut Genius Umar saat goro bersama ASN, kelompok tani dan masyarakat Desa Marabau, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman, di area persawahan desa, Jumat (24/9) lalu.  

    Genius sengaja ajak ASN Pemko Pariaman untuk ikut bersama-sama melaksanakan goro, selain mampu menigkatkan imun tubuh, adanya upaya membantu para petani dalam penanggulanagn hama dan penyakitr tanaman yang menyerang tanaman pangan, khususnya tananman padi.

    Melalui dinas terkait, Genius menekankan untuk selalu memfokuskan program kegiatannya untuk membantu masyarakat, baik itu melalui penyuluhan, pengucuran program-program bantuan pemerintah dalam memudahkan masyarakat dalam meningkatkan hasil usahannya.

    Ia berharap dimusim tanam berikutnya, seluruh tanaman petani di Kota Pariaman dijauhi dari hama, dan meningkatkan kembali hasil panenenya.

    Ditempat lain, Genius Umar mengajak ibu-ibu Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Toboh Palabah, Kecamatan Pariaman Selatan guna memanfaatkan perkarangan rumah untuk ditanami sayur-sayuran dan tumbuhan kebutuhan rumah tangga mampu menjadi upaya pemenuhan kebutuhan keluarga dan bernilai ekonomi kepada masyarakat.

    " Saya apresiasi dan mendukung penuh kegiatan ibu-ibu ini, semoga ini menjadi contoh bagi ibu-ibu desa lain untuk bergiat memanfaatkan lokasi pekarangan rumah menjadi lebih produktif dan bernilai ekonomi, sehingga mampu menopang kebutuhan ekonomi keluarga jika belebih, " sebut Genius.

    Seperti halnya yang dilakukan oleh Kelompok Wanita Tani (KWT) Desa Toboh Palabah, Kecamatan Pariaman Selatan Kota Pariaman, yang diketuai Yusnidar bersama ibu-ibu di desa tersebut.

    Ia bersama ibu-ibu di Desa Toboh Palabah, dengan Pj. Kadesnya Indra Syamsu, yang langsung dibina oleh penyuluh dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan melalui UPT. Balai Penyuluhan Pertanian Kota Pariaman yang bergiat untuk menanam tanaman yang menjadi kebutuhan rumah tangga sehari-hari, seperti sayuran, cabe, tomat, jahe dan lain sebagainya.

    Menurutnya, Memanfaatkan pekarangan rumah untuk ditanami sayur-sayuran dan tumbuhan kebutuhan rumah tangga mampu menjadi upaya pemenuhan kebutuhan keluarga dan jika berlebih bisa dijual dan bernilai ekonomi kepada masyarakat.

    Pada kesempatan itu, Wako Genius Umar dan rombongan juga menyempatkan diri memanen sayur kangkung dan tomat, dan langsung dibelinya untuk dibawa pulang. (syafrial suger)