×

Iklan


Viral Acara Pesta Abaikan Prokes, Pemilik Kafe di Padang Dipanggil

11 Januari 2022 | 15:13:20 WIB Last Updated 2022-01-11T15:13:20+00:00
    Share
iklan
Viral Acara Pesta Abaikan Prokes, Pemilik Kafe di Padang Dipanggil
Salah satu pemilik kafe dipanggil Satpol PP Kota Padang karena menggelar acara pesta yang abaikan protokol kesehatan.

Padang, Khazminang.id-- Satpol PP Kota Padang akhirnya memanggil salah satu pemilik kafe di kawasan Kecamatan Padang Barat, Senin malam (10/11). Pemanggilan itu merupakan buntut dari adanya kegiatan di kafe tersebut yang diduga abai terhadap protokol kesehatan (prokes).

Padahal saat ini status Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Kota Padang masih berada di  level 2.

Sebelumnya, video kegiatan berkerumuman di kafe tersebut beredar di media sosial dan sempat viral pada Minggu (9/1).

    Dalam video yang beredar, pada kafe tersebut, pengunjung terlihat menggelar semacam pesta tanpa mematuhi protokol kesehatan.

    Kepala Satpol PP Kota Padang, Mursalim Nafis menyayangkan kegiatan yang tidak abai protokol kesehatan tersebut.

    Di Mako Satpol PP, pemilik kafe MI (21) mengakui kepada PPNS Satpol PP Padang bahwa kegiatan mereka tersebut telah melanggar Perda 1 Tahun 2021 tentang Adaptasi kebiasaan Baru ditengah Pandemi Covid-19. 

    Selanjutnya, pemilik dianjurkan agar segera mengurus izin usaha serta tetap terapkan protokol kesehatan. 

    ”Di hadapan penyidik, si pemilik usaha mengakui kesalahannya, dengan membuat surat pernyataan agar tidak mengulangi perbuatan mereka, serta bersedia melakukan usaha sesuai aturan yang berlaku dan menerapkan protokol kesehatan,” ucap Mursalim. 

    Terkait kasus pelanggaran ini, ia mengimbau kepada seluruh pengelola usaha tempat hiburan agar patuh pada aturan yang berlaku.

    Menurutnya ini merupakan upaya menciptakan kondisi yang tertib, aman, serta upaya untuk memutus penyebaran virus di Kota Padang.

    "Kami imbau kepada seluruh pengelola usaha tempat hiburan agar patuh terhadap aturan yang berlaku, tetap terapkan protokol kesehatan, sebab kita masih berada di level dua penerapan PPKM tentu perlu upaya bersama untuk bisa kembali normal,” harapnya.

    Selain itu, Mursalim telah memerintahkan Kabid P3D Bambang Suprianto untuk mendata para pelaku usaha, tentu ada upaya pemanggilan dalam rangka peringatan dan penindakan.

    "Satpol PP sebagai petugas penegak Perda perlu lebih intens melakukan pengawasan tentu perlu kerja sama semua pihak dengan institusi yang terkait dan perlu dikoordinasikan," ucap Mursalim. 

    Lebih lanjut, Mantan Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga ini mengimbau semua pihak, baik yang beraktivitas sebagai pelaku usaha maupun sebagai pengunjung agar memperhatikan penerapan protokol kesehatan sesuai Perda Nomor 1 tahun 2021.

    "Ini semua dalam upaya agar Kota Padang kembali normal dan masyarakat dapat beraktivitas seperti biasa," pungkasnya. (han)