×

Iklan


Usung Literasi di Tengah Pandemi, 1000 Peserta Ikuti Webinar Sendratasik 2020

26 November 2020 | 22:50:43 WIB Last Updated 2020-11-26T22:50:43+00:00
    Share
iklan
Usung Literasi di Tengah Pandemi, 1000 Peserta Ikuti Webinar Sendratasik 2020
Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Seminar Nasional Sendratasik 2020 dengan tema “Literasi Seni Pertunjukan di Tengah Pandemi”.

Padang, Khazminang.id-- Pandemi Covid-19 betul-betul memporak-porandakan semua sendi kehidupan, termasuk bidang pendidikan dan seni pertunjukan. Meski demikian sejumlah solusi dicoba dicari dan ditawarkan kepada pelaku dan pihak terkait.

 

Berangkat dari kenyataan tersebut, Jurusan Seni Drama Tari dan Musik (Sendratasik), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Padang (UNP) menggelar Seminar Nasional Sendratasik 2020 pada tanggal 28 November  nanti dalam bentuk webinar atau dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom.

     

    Adapun tema yang diusung dalam webinar kali ini adalah “Literasi Seni Pertunjukan di Tengah Pandemi”.

     

    Menurut Ketua Panitia, Dr. Yuliasma, M. Pd., tema ini nilai sangat cocok  untuk saat ini karena tidak hanya membahas tentang seni pertunjukan saja, namun juga menyangkut literasi yang tentu saja kajiannya lebih luas terutama untuk sektor pendidikan yang seharusnya menjadi leading sector  untuk kegiatan literasi.

     

    “Harus kita akui, pandemi Covid-19 membuat semua sektor lumpuh dan kita harus mencari sejumlah solusi untuk itu, mudah-mudahan materi yang disampaikan keynote speaker dan pemakalah lainnya memang memberikan jawaban yang kita inginkan,” kata Yuliasma.

     

    Adapun keynote speaker  yang tampil dalam webinar tersebut adalah Dr. Phil. Yudi Sukmayadi, M. Pd., dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung, Dr. Martinus Miroto, M.F.A., dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, dan Dr. Ayu Niza Machfauzia, M. Pd., dari Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

     

    Selain keynote speaker  tersebut juga akan tampil pemakalah pendamping, diantaranya, Dr. Yuliasma, M. Pd., dari Sendratasik FBS UNP, Hengki Armez Hidayat, M. Sn., dari Sendratasik FBS UNP, dan Rudi Nofindra, M. T. Pd., mahasiswa Pascasarjana UNP.

     

    Sementara itu Ketua Jurusan Sendratasik, Dr. Syeilendra, S. Kar, M. Hum., mengatakan kegiatan seminar kali ini mendapat sambutan yang luar biasa dari kalangan guru dan pelaku seni pertunjukan.

     

    Ditambahkannya, kegiatan seminar nasional ini sudah menjadi agenda rutin dari Jurusan Sendratasik setiap tahunnya, hanya saja karena terhalang masa pandemi, kegiatan seminar tersebut dilaksanakan secara virtual.

     

    “Suatu hal yang mengembirakan karena jumlah peserta webinar kali ini yang terdaftar sudah mendekati angka 900 orang, yang berasal dari sejumlah daerah di pulau Sumatera dan Jawa, dan jika ditambah dengan peserta dari dosen Sendratasik mendekati 1000 orang, dan saat ini kita sudah menutup pendaftaran,” kata Syeilendra.  (Novrizal Sadewa)