×

Iklan


Usai Dikukuhkan, AMS Sumbar Tandatangani Kerjasama dengan 5 Lembaga/Institusi

07 Juli 2024 | 17:39:10 WIB Last Updated 2024-07-07T17:39:10+00:00
    Share
iklan
Usai Dikukuhkan, AMS Sumbar Tandatangani Kerjasama dengan 5 Lembaga/Institusi

Padang – Pengurus Angkatan Muda Siliwangi (AMS) Perwakilan Sumatera Barat dan Pitaloka Sumbar dikukuhkan, Minggu (07/07/2024) di Aula BKOM Pelkes Sumbar. Saat bersamaan juga ditandatangani kesepakatan kerjasama antara AMS Sumbar dengan Laboratorium Klinik Prodia Padang, Koperasi Nusantara (Kopnus) Pos Padang, DT Peduli dan PT. Giri Pratama Utama.

Ketua AMS Perwakilan Sumbar dijabat oleh Aminuddin Supriyadi atau akrab disapa Amin Prabu. Dalam menjalankan roda organisasi, ketua dibantu oleh 9 wakil ketua. Jabatan sekretaris diemban Anita Moechtar dibantu 9 wakil sekretaris serta Bendahara Ikhsan Irawan dibantu 9 wakil bendahara.

Pengukuhan dan pengambilan sumpah AMS Sumbar oleh Ketua DPP AMS Pusat, Drs. Rully Alfiady ditandai dengan penyerahan pataka kepada Ketua AMS Sumbar Amin Prabu. Kemudian dilanjutkan dengan pengukuhan Pitaloka AMS Sumbar oleh Ketua Umum Pitaloka Pusat, DR. Euis Purnamasari.

    Ketua DPP AMS Pusat, Drs. Rully Alfiady dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Pengurus AMS Sumbar beserta Pitaloka dan sekaligus memberikan apresiasi pelaksanaan pelantikan tersebut yang dihadiri oleh pejabat dan tokoh-tokoh penting di Sumbar.

    “Kita semua tahu, banyak orang hebat dari Sumbar yang menjadi tokoh nasional. Dari daerah ini juga lahir gagasan dan pemikiran luar biasa untuk bangsa dan negara. Hari ini, kita kumpul bersama pejabat dan tokoh-tokoh penting di Sumbar,” katanya.

    Suatu kehormatan tentunya, pengukuhan AMS dan Pitaloka Sumbar dihadiri Ketua Gebu Minang, Fadly Amran, Ketua LKAAM Sumbar Fauzi Bahar, Anggota DPRD Sumbar Hidayat, mantan Bupati Agam Andri Warman dan Anggota DPD RI terpilih Cerint Iralloza Tasya. Dari pemerintahan terlihat hadir Kepala Kesbangpol Sumbar Erinaldi dan Kepala Kesbangpol Kota Padang Tarmizi.

    Tarmizi mewakili Pj. Wako Padang dalam sambutannya mengatakan, mengucapkan selamat kepada pengurus yang dilantik dan diharapkan AMS dan Pitaloka tetap eksis dalam mengemban amanah pemberdayaan masyarakat dan mengembangkan pembauran.

    Sementara Ketua AMS Sumbar, Amin Prabu usai dilantik mengatakan, AMS adalah lembaga tempat berhimpun kader-kader bangsa untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Secara nasional, AMS berdiri pada 30 November 1966 bertepatan dengan Hari Pahlawan dan kelahirannya membawa semangat nasionalisme Indonesia khususnya bagi masyarakat Sunda di Jawa Barat

    “Di Sumbar, AMS berdiri pada 18 Maret 2023, bergerak di bawah Panji Bhakti Siliwangi dengan semboyan perjuangan pakusarakan dengan mengusung falsafah silih asah, silih asih, silih asuh,” katanya.


    Penandatanganan kerjsama antara AMS Sumbar dengan 5 lembaga. 

    AMS Jalin Kerjasama

    Usai pelantikan AMS, langsung dilanjutkan dengan penandatangan Letter of Intent (LoI) dengan 5 lembaga/institusi sekaligus oleh masing-masing perwakilan. Kerjasama dengan Laboratorium Klinik Prodia Padang, yaitu berupa kerjasama layanan kesehatan dengan diskon 20 persen untuk kader AMS dan Pitaloka.

    Selanjutnya, kerjasama dengan Koperasi Nusantara (Kopnus) Pos Padang berupa penyaluran modal usaha khusus untuk kader AMS dan Pitaloka yang merupakan pensiunan PNS, TNI/Polri.

    “Dengan DT Peduli, kita kerjasama pengelolaan dan penyaluran zakat, infak dan sedekah,” terang Amin Prabu.  

    AMS dan PT. Giri Pratama Utama menjalin kerjasama pembangunan perumahan untuk kader AMS dan Pitaloka sebanyak 65 unit sekaligus penyediaan pusat kegiatan seni budaya Sunda. Pihak perusahaan menyiapkam lahan seluas 6,8 hektare di Ketaping, Kabupaten Padang Pariaman.

    Terakhir, AMS dapat kepercayaan dari warga Batipuh Panjang, Koto Tangah Kota Padang, Frinsis Warmansyah berupa pinjam pakai lahan seluas 23 hektare selama 10 tahun. AMS akan mengelola lahan milik Finsis di Kampung Jao Nagari Guguk, Kabupaten Solok.

    “Hari ini, pemilik lahan tidak sempat hadir karena terjebak macet dalam perjalanan ke Padang. Lahan ini nanti akan dikelola oleh kelompok tani anggota AMS an Pitaloka,” terang Amin Prabu. (devi)