×

Iklan


Untuk Kedua Kalinya Jasman Rizal Jadi Pj Kepala Daerah, kini giliran di Payakumbuh

20 September 2023 | 12:22:58 WIB Last Updated 2023-09-20T12:22:58+00:00
    Share
iklan
Untuk Kedua Kalinya Jasman Rizal Jadi Pj Kepala Daerah, kini giliran di Payakumbuh
Jasman Rizal

Padang, Khazminang.id --  Jasman Rizal, staf Ahli Gubernur Sumbar untuk kedua kalinya akan mengenakan pakaian dinas Kepala Daerah. Ia ditunjuk oleh Mendagri menjadi Penjabat Walikota Payakumbuh meneruskan tugas Pj Walikota sebelumnya Rida Anand.

Jasman, mantan jurubicara Pemprov Sumbar itu sebelumnya juga sudah pernah menjadi Pj Bupati Solok Selatan. Dalam Surat Keputusan Mendagri disebutkan, Jasman akan menjabat Pj Walikota Payakumbuh sampai setahun berikutnya atau sampai terpilihnya Walikota yang definitif.

    Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumbar, Doni Rahmat Samulo di Padang, Senin, menyebut Surat Keputusan Mendagri soal penunjukan Jasman sebagai Penjabat Wali Kota Payakumbuh telah diterima oleh Pemprov Sumbar.

    Sementara Ridha Ananda  akan dikembalikan pada jabatan definitifnya sebagai Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh. "SK-nya sudah kita terima. Jasman ditunjuk menjadi Pj. Wali Kota Payakumbuh dengan masa tugas satu tahun, yaitu 23 September 2023 hingga 23 September 2024," katanya.

    Doni menyebut pemprov segera menyiapkan pelantikan penjabat wali kota Payakumbuh yang akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Penjabat Wali Kota Sawahlunto Zefnihan. Jabatan wali kota dan wawali Sawahlunto telah berakhir pada 17 September 2023.

    "Kemungkinan pelantikan dua penjabat wali kota itu dilaksanakan pada 23 September 2023 di Auditorium Kantor Gubernur Sumbar," ujarnya.

    Sesuai Peraturan Mendagri Nomor 4 Tahun 2023 tentang Penjabat Gubernur, Penjabat Bupati dan Wali Kota, untuk jabatan penjabat wali kota Payakumbuh dan Sawahlunto masing-masing ada sembilan nama yang diusulkan.

    Nama-nama itu masing-masing tiga dari usulan DPRD, tiga nama dari usulan Gubernur Sumbar dan tiga nama dari Kementerian Dalam Negeri.Dua nama yang ditunjuk Mendagri sebagai penjabat wali kota Payakumbuh dan Sawahlunto tidak termasuk dari nama yang diusulkan Gubernur Sumbar Mahyeldi.

    Meski demikian, menurut Doni, Gubernur Sumbar Mahyeldi tidak mempermasalahkan hal tersebut dan akan melantik dua pejabat itu sesuai jadwal."Gubernur menegaskan yang terpenting adalah roda pemerintahan bisa berjalan maksimal dan pelayanan kepada masyarakat tidak terganggu," katanya. (ryn/ant)