×

Iklan


Unes Tempatkan Mahasiswa KKN PPM di Nagari Terdampak Bencana

03 Juni 2024 | 21:46:40 WIB Last Updated 2024-06-03T21:46:40+00:00
    Share
iklan
Unes Tempatkan Mahasiswa KKN PPM di Nagari Terdampak Bencana
Ketua KKN PPM Unes, tahun 2024 dan Kepala LPPM diabadikan bersama mahasiswa saat penyerahan bantuan korban bencana.

Padang, Khazanah -- Universitas Ekasakti (Unes) akan menempatkan Mahasiswa KKN PPM (Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat) tahun 2024 pada Nagari terdampak bencana banjir lahar dingin gunung merapi  di Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar. Hal tersebut disampaikan Ketua KKN PPM Unes tahun 2024 Drs. Rizal Abu, S.T. M.Eng, saat ditemui diruang kerjanya Fakultas Teknik dan Perencanaan Unes, Senin (3/6/2024).

“Penempatan Mahasiswa KKN PPM Universitas Ekasakti untuk Kab. Agam di Nagari Koto Tuo Kecamatan IV Koto, Nagari Batu Taba dan Nagari Bukiak Batabuah,  Kab. Tanah Datar di Nagari Andaleh, Nagari Paninjauan serta Nagari Batipuh Baruah,” ujarnya.

Lebih lanjut Rizal mengatakan masing-masing Nagari akan ditempatan 25 orang mahasiswa.

    “Ini permintaan Walinagari kepada Unes pada saat kita menyerahkan bantuan kepada warga masyarakat terdampak bencana banjir lahar dingin gunung merapi baru-baru ini,” ucap Rizal.

    Universitas Ekasakti turut merasakan kepriatinan yang dirasakan warga masyarakat Koto Tuo, Batu Taba, Bukiak Batabuah, Andaleh, Paninjauan, Batipuh Baruah.  “Pemberian bantuan dan menempatkan mahasiswa KKN PPM tahun 2024 nantinya merupakan betuk kepedulian Unes terhadap warga masyarakat terdampak bencana banjir dan lahar dingin gunung Merapi,” lanjutnya.

    Pada tanggal 4 Juni 2024 Unes melakukan survey lokasi KKN PPM ke Nagari Kab. Agam dan Kab. Tanah Datar yang akan dikomandoi oleh Prof. Dr. Ir. I Ketut Budaraga, M.Si, Kepala LPPM Unes, Ketua KKN PPM Tahun 2024 Drs. Rizal Abu, S.T, M.Eng, Dian Wahyuni, S.T, M.T

    “Kami akan menyusun program KKN PPM dikoordinasikan dengan program kerja pemerintah nagari dengan progam kerja yang sudah direncanakan kampus. Tentu  saja untuk mempercepat pembangunan sarana dan prasarana jalan, irigasi dan pertanian serta menumbuhkan kembali perekonomian masyarakat,” ujar Rizal.

    Rizal mengatakan, program KKN PPM Unes akan dimulai 5 Agusus hingga 5 September 2024 selama 30 hari. 

    “Khusus untuk Nagari terdampak bencana banjir dan lahar dinggin gunung merapi mahasiswanya akan diturunkan pertengahan Juni 2024 ini. Mahasiswa selama ber KKN didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Koordinator Lapangan (Korlap),” pungkasnya (*)