×

Iklan


UNES Berikan Pembekalan KKN PPM Dosen Pembimbing dan Koordinator Wilayah

07 Juli 2024 | 20:16:25 WIB Last Updated 2024-07-07T20:16:25+00:00
    Share
iklan
UNES Berikan Pembekalan KKN PPM Dosen Pembimbing dan Koordinator Wilayah
Rektor Unes foto bersama narasumber usai pembekalan bagi para DPL dan Korwil KKN PPM Unes 2024

Padang, Khazanah -- Universitas Ekasakti (Unes) melaksanakan kegiatan pembekalan bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Koordinator Wilayah (Korwil) terkait dengan program kerja Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN PPM) Universitas Ekasakti Tahun 2024 yang akan dilaksanakan dilapangan nanti. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Rektor Unes Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd, Sabtu (06/07/2024) di Ruang Sidang Rektor Lantai 1 Gedung Rektorat Unes.  

Kegiatan pembekalan tersebut menghadirkan narasumber Dekan psikologi UNP Dr. Farah Aulia, M.Psi Psikolog, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Barat, Haris Yuswandi, S.Km, M.Km, Dinas Bina Marga, Cipta Karya dan Tata Ruang  Provinsi Sumatera Barat, Herasukma Munaf, Bappeda Provinsi Sumatera Barat Medi Iswandi, S.T,M.M

“Pembekalan ini dilaksanakan sehari penuh dengan materi Stunting, Pencegahan tawuran dan Penanganan Pasca Bencana pada Daerah terdampak,” kata ketua KKN PPM Unes Tahun 2024 Drs. Rizal Abu, S.T, M.Eng

    Sementara itu, kegiatan KKN PPM Unes tahun 2024 akan dilaksanakan tanggal 5 Agustus hingga 5 September 2024 mendatang di 7 Kabupaten / Kota meliputi Kota Padang, Kab. Padang Pariaman, Kab. Pesisir Selatan, Kab. Tanah Datar, Kab. Agam, Kab. Pasaman, dan Kab. Kepulauan Mentawai. 

    “KKN PPM tahun 2024 ini mengambil tema melalui KKN Universitas Ekasakti kita wujudkan nagari tangguh, artinya tangguh dalam menghadapi segala situasi termasuk stunting, tawuran dan bencana,” ujar Rizal.

    Dari 7 Kabupaten / Kota itu, lanjutnya, kita akan menempatkan mahasiswa 20 Kecamatan, 42 Nagari / Kelurahan / Desa, mahasiswa yang akan mengikuti KKN sebanyak 930 orang dari berbagai disiplin ilmu terdiri dari Ilmu Hukum, Pertanian, Ekonomi, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Sastra dan Teknik.

    Rizal menjelaskan Kegiatan KKN dilaksanakan dua jenis, yaitu KKN Reguler dan KKN Tematik.

    “KKN Tematik khusus ditempatkan di lima Nagari terdampak bencana galodo, banjir bandang yaitu Nagari Koto Tuo, Bukit Batabuah Kab. Agam, Nagari Rambatan, Andaleh, Pasie Laweh Kab. Tanah Datar, selama dua bulan,” lanjutnya.

    Sedangkan 37 Nagari / Desa dan Kelurahan adalah KKN Reguler, dilaksanakan selama satu bulan,  jadi beda dengan KKN Tematik. Khusus untuk Kota Padang akan dilaksanakan di 16 Kelurahan dengan mahasiswa KKN sebanyak 330 orang, KKN di Kota Padang difokuskan masalah stunting, pencegahan tawuran remaja serta pemberdayaan masyarakat dalam pelaksanaan program termasuk penyusunan program.

    “Diharapkan DPL bisa nanti mencegah tawuran ini,” harapnya kepada para peserta pembekalan.

    Selain itu, menurut data dari Pemprov Sumbar ada kurang lebih 1 juta meter kubik sentiment yang ada dipuncak gunung merapi, apabila terjadi hujan deras berkelanjutan itu bisa turun ke pemukiman penduduk.

    “Khusus untuk KKN PPM tematik ini kita fokuskan pada mitigasi bencana. Maka kita minta narasumber dari Dinas Bina Marga,” kata Rizal

    Rektor Unes Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin, M.Pd dalam sambutannya mengatakan Praktek Lapangan (PL) tidak sama dengan KKN.

    “Kalau PL mendalami suatu disiplin ilmunya, mungkin orang akuntan, karena bidangnya, orang hukum karena bidangnya, teknik karena bidangnya, tapi KKN ini interdisipliner, belajar memecahkan masalah bersama menggunakan pendekatan persuasif, menggunakan pemahaman tentang kultur setempat,” kata rektor Sufyarma.

    Lebih lanjut rektor menyampaikan pesan, orang yang kuat bukan orang yang pandai  mengalahkan lawannya, akan tetapi orang yang kuat adalah orang yang pandai mengendalikan dirinya ketika dia marah, buang jauh sifat amarahmu, agar jiwamu tidak mudah terbakar.

    “Jadi nasehatilah mahasiswa kita segala macam persoalan yang muncul dilapangan tidak menjadi terpancing emosi kepada mereka,” pesan rektor

    Rektor juga berpesan kepada para mahasiswa yang akan mengikuti KKN PPM Unes tahun 2024.

    “Ukir senyummu disetiap gerakmu, tebarkan kebaikan disetiap langkahmu, panjatkan doa pada setiap orang yang kau sayangi, berikan maaf pada setiap orang yang menyakiti hatimu, dan syukurilah setiap kurnia yang diberikan Allah padamu, yakin kebahagiaan semasa hadir setiap hembusan nafasmu,” ujarnya.

    Ia juga meminta untuk menyusun perencanaan KKN yang realistis, dipantau pelaksanaannya, dan dibuat laporannya “Yang penting itu manfaatkan KKN PPM ini untuk kebutuhan pengabdian  masyarakat,” pungkasnya. (*)