Jakarta,
Khazanah – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) diharapkan dapat
beradaptasi dengan era digital yang dinamis. Perusahaan jasa pengiriman
berbasis teknologi Ninja Xpress merilis hasil riset dari Suara UKM Negeri Vol 4
yang membahas tentang "Seluk Beluk Social Commerce di Indonesia".
Dalam
kolaborasi dengan Milieu Insight, studi ini melibatkan lebih dari 600 responden
yang merupakan pelaku Usaha Kecil Menengah (UKM) yang berjualan secara online.
“Era
digital adalah era yang dinamis dan transformatif. Pelaku UKM tidak sebaiknya
bergantung pada satu platform belanja atau transaksi online saja,” kata Chief
of Marketing Ninja Xpress Andi Djoewarsa di Jakarta,Selasa (6/2/2024).
Menurut
Andi, strategi multi-platform dapat meminimalkan dampak bisnis jika ada isu di
salah satu platform.
“Kami
mendorong pelaku UKM untuk mengembangkan situs online sendiri dan memanfaatkan
social commerce untuk meningkatkan pendapatan,” imbuhnya.
Adapun
tujuan dari riset ini adalah untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang
penggunaan social commerce dalam menjangkau target pasar dan meningkatkan
penjualan. Social commerce sendiri merujuk pada platform yang berawal dari
interaksi sosial dan digunakan untuk mengembangkan komunitas pengguna yang
kemudian dapat dijadikan sumber pendapatan melalui berjualan. Hal ini di
ungkapkan Chief of Marketing Ninja Xpress Andi Djoewarsa.
Berdasarkan
riset Suara UKM Negeri Vol 3 yang membahas tentang "Masa Depan pembelanja
online atau e-shopper di Indonesia", ditemukan bahwa terdapat kelompok
pembeli online yang disebut E-Shopaholics. Kelompok ini terdiri dari mereka
yang sudah terbiasa dan terus menerus berbelanja secara online.
Selain
itu, riset tersebut juga menemukan bahwa media sosial menjadi mesin pencari
utama bagi para E-Shopaholics, dan mereka cenderung berbelanja di berbagai
platform, baik itu marketplace maupun media sosial. Temuan ini juga didukung
oleh studi "Bold Moves: Leading Southeast Asia’s next wave of consumer
growth" yang menunjukkan bahwa media sosial tidak hanya berfungsi sebagai
platform berjejaring, tetapi juga sebagai sumber informasi yang berpengaruh
dalam pengambilan keputusan seseorang.