×

Iklan


TPA Aie Dingin Bakal Penuh 2026, Pemko Padang Manfaatkan Teknologi RDF

20 September 2022 | 15:11:31 WIB Last Updated 2022-09-20T15:11:31+00:00
    Share
iklan
TPA Aie Dingin Bakal Penuh 2026, Pemko Padang Manfaatkan Teknologi RDF
TPA Aie Dingin Padang. IST/NET

Padang, Khazminang.id-- Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah di Aie Dingin saat ini sudah terisi lebih kurant 90 persen sampah dari kapasitasnya. Di mana, TPA Aie Dingin memiliki luas 33 hektare, tapi yang baru dikuasai baru 16 hekare.

Berdasarkan hasil perhitungan dan analisis, diperkirakan TPA sampah ini akan penuh pada tahun 2026 atau lebih kurang sekitar 4 tahun lagi.

Menyikapi kondisi ini, Pemko Padang akan menggunakan teknologi Refuse-Derived Fuel (RDF) untuk mengolah sampah di TPA menjadi salah satu sumber energi.

    "Timbunan sampah harian Kota Padang mencapai 500-550 ton. Timbulan sampah ini bisa digunakan sebagai bahan baku RDF," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang, Mairizon, Senin (19/9).

    Untuk itu, Mairizon berharap dengan metode ini, sampah dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi menggantikan batu bara, sehingga pemakaian batu bara dapat berkurang.

    Ia menambahkan, saat ini Pemko Padang telah membuat kesepakatan bersama dengan PT Semen Padang untuk pemanfaatan hasil pengolahan sampah dengan teknologi RDF.

    Kemudian juga telah menyiapkan dua alternatif lahan sebagai lokasi RDF-Plant di TPA Aie Dingin seluas 3-4 hektare.

    "Kita tentu berharap dengan teknologi RDF ini dapat memperpanjang masa pakai TPA Aie Dingin," harapnya. (khz)