×

Iklan

SEGERLAH BALIKNAMAKAN KENDARAAN
Tips Agar tak Kena Tilang Elektronik

27 Maret 2021 | 19:00:14 WIB Last Updated 2021-03-27T19:00:14+00:00
    Share
iklan
Tips Agar tak Kena Tilang Elektronik
Di kawasan Simpang Kandang Kandang, Padang ini ada kamera pengawasnya

Padang, Khazminang.id -- Andai tiba-tiba datang saja ke rumah Anda surat pemberitahuan dari markas Polisi Lalu Lintas bahwa Anda tertangkap kamera CCTV melanggar aturan lalu lintas padahal Anda merasa tidak melakukannya, lalu apa yang mesti dilakukan?

Yang jelas, kejadian seperti ini akan berpeluang terjadi. Terutama untuk pemilik kendaraan yang sudah menjujal kendaraannya tapi tidak membaliknamakan kendaraannya kepada pemilik baru. Kamera pengawas akan merekam nomor polisi kendaraan pelanggar, lalu sesuai prosedur petugas di markas polisi akan mencari pemilik kendaraan sesuai STNK.

Jika kendaraan masih atas nama pemilik lama, maka si pemilik lama itu yang akan dihubungi oleh petugas melalui surat.

    "Jadi kalau kendaraan sudah dijual, segerakan mengurus balik namanya atau melapor ke kantor Samsat untuk diblokir. Kalau sudah diblokir, maka pemilik baru yang belum mengatasnamakan kendaraannya tidak bisa membayar pajak kendaraannya," kata Kasatlantas Polresta Solo Kompol Adhytia Warman seperti disiarkan banyak media.

    Kini --termasuk Padang-- sedikitnya 12 kota  mulai menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau tilang elektronik. 

    "Kalau yang mendapatkan surat konfirmasi bukanlah pelanggar maka bisa memberikan konfirmasi dari surat yang dikirimkan," kata Adhytia Warman. (eko/dtc)