×

Iklan


Tingkatkan Sinergitas, Pemprov Sumbar Siapkan Program Transformasi Digital

06 September 2021 | 13:59:23 WIB Last Updated 2021-09-06T13:59:23+00:00
    Share
iklan
Tingkatkan Sinergitas, Pemprov Sumbar Siapkan Program Transformasi Digital
Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy melakukan kegiatan rapat koordinasi dan seminar di Pangeran Beach Hotel, Padang, Senin (6/9/2021).

Padang, Khazminang.id-- Wakil Gubernur (Wagub) Sumatera Barat (Sumbar), Audy Joinaldy melakukan kegiatan rapat koordinasi dan seminar dengan tema “Sinergitas Pengelolaan Isu Publik Kewilayahan Provinsi Sumatra Barat Melalui Integrated Media Monitoring dan Tata Kelola Smart City” di Pangeran Beach Hotel, Padang, Senin (6/9/2021).

Audy mengatakan, menghadapi situasi pesatnya penyebaran informasi, pemerintah daerah memerlukan suatu instrumen digital yang mampu membantu pemerintah daerah mengawal diseminsasi informasi dan komunikasi publik.

“Pemerintah provinsi, maupun kabupaten dan kota perlu memiliki instrumen atau infrastruktur digital untuk mengawal tugas pokok dan fungsinya,” ujarnya.

    Saat ini, kata dia, Provinsi Sumbar sedang menyiapkan program transformasi digital untuk meningkatkan sinergitas provinsi maupun kabupaten kota. Salah satunya melalui pembangunan sebuah super app yang diharapkan mampu menjadi one stop information center

    "Maupun kanal pengaduan masyarakat langsung ke gubernur dan wakil gubernur. Saat ini pemerintah sedang menyiapkan super app untuk mendukung percepatan transformasi digital di Sumbar, segera akan kita luncurkan,” terangnya, Senin (6/9/2021).

    Audy mengungkapkan, hal ini merupakan bagian dari target menuju smart city yang secara spesifik dapat memberikan layanan publik. Kemudian sekaligus menjadi daya tarik wisatawan, investor, dan kalangan profesional lainnya.

    Kepala Dinas Kominfotik Sumbar, Jasman Rizal menyampaikan pentingnya komitmen pihaknya dalam pengelolaan dan sinergitas informasi publik.

    “Komitmen Dinas Kominfotik dalam pengelolaan informasi merupakan isu yang sangat penting. Oleh karena itu monitoring media menjadi suatu keniscayaan,” ujar Jasman.

    Kegiatan seminar ini dilaksanakan oleh Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Sumbar bekerja sama dengan PT Digivla Indonesia.

    Kegiatan ini juga menghadirkan Dewan Penasihat PWI Pusat Edward Depari, Penasehat Senior Kebijakan Ekonomi Kementrian Perindustrian Affan Alamudi.

    Kemudian, Direktur PT Digivla Indonesia Reza Maulana selaku narasumber, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Dedy Diantolani.

    Berikutnya, juga ada Kepala Dinas Kominfotik Sumbar Jasman serta Humas seluruh kabupaten dan kota di Sumbar selaku peserta. (Inoval Agesly)