×

Iklan

PEMKO PADANG SIAPKAN PROGRAM
Tiga Bulan Mengubah Wajah Sungai Batang Arau

27 September 2022 | 15:57:46 WIB Last Updated 2022-09-27T15:57:46+00:00
    Share
iklan
Tiga Bulan Mengubah Wajah Sungai Batang Arau

Padang, Khazminang.id-- Wali Kota Padang, Hendri Septa menerima kunjungan Andrinof Chaniago, eks Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) yang saat ini menjabat sebagai Wakil Komisaris Bank Mandiri, Senin (26/9).

Dalam pertemuan yang dilangsungkan di rumah dinasnya itu, Hendri Septa bersama Andrinof Chaniago membahas berbagai hal, khususnya dalam menyiapkan program aksi tiga bulan mengubah wajah Sungai Batang Arau.

Hendri menyambut baik keinginan Andrinof Chaniago yang berkenan ikut membantu dalam mengubah wajah Batang Arau di Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang itu ke depannya.

    "Kita tahu Sungai Batang Arau adalah salah satu sungai besar yang ada di Kota Padang. Semoga melalui upaya ini, kondisi air sungai tersebut menjadi lebih baik, terutama sekali bersih dari sampah," ujar Hendri Septa.

    Hendri Septa juga mengungkapkan bahwa pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya dalam merevitalisasi Sungai Batang Arau.

    "Berbagai upaya sudah kita lakukan termasuk mengedukasi masyarakat yang tinggal di sepanjang tepi aliran sungai tersebut agar tidak membuang sampah ke sungai," katanya.

    "Alhamdulillah, semoga dengan adanya rencana dan gagasan dari Pak Andrinof kali ini semakin menguatkan upaya kita bersama-sama merubah wajah Sungai Batang Arau ke depan," sambung Hendri.

    Senada dengan itu, Andrinof Chaniago mengatakan, Sungai Batang Arau adalah salah satu sungai yang pernah menjadi ikon wisata yang memiliki catatan 'history' di Kota Padang.

    "Sungai Batang Arau punya sejarah yang unik. Di mana, dahulu kala di sepanjang kawasan sungai itu pernah menjadi tempat berdagangnya para saudagar. Cukup sayang sekali jika potensi sungai ini tidak dimanfaatkan," bebernya.

    "Insyaallah kita punya program yang mana selama tiga bulan saja siap merubah wajah Sungai Batang Arau ini," katanya.

    Andrinof berujar, salah satu dari berbagai upaya yang akan dilakukan yaitu mengedukasi masyarakat yang tinggal di sepanjang pinggir sungai dari hulu ke hilir.

    "Semoga dapat kita realisasikan dalam waktu dekat," ujar akademisi dan pengamat kebijakan publik di Indonesia itu.

    Dalam kesempatan itu, hadir mendampingi wali kota di antaranya Sekda Kota Padang Andree Algamar bersama Asisten Pemerintahan dan Kesra Edi Hasymi, Kepala Bappeda Yenni Yuliza dan Kadis Pariwisata Eri Sendjaya. (khz)