×

Iklan

ANTISIPASI BENCANA ALAM
Tiap Nagari di Sumbar Perlu KSB

14 Agu 2020 | 18:31:22 WIB Last Updated 2020-08-14T18:31:22+00:00
    Share
iklan
Tiap Nagari di Sumbar Perlu KSB
Wagub Nasrul Abit bersama para pengurus Kampung Siaga Bencana

Padang, Khazaminang.id – Bencana alam di Sumatera Barat adalah bagian yang selalu hadir sepanjang tahun karena kondisi alamnya yang memang labil. Ada gempa, tananh longsor, banjir dan kebakaran. Tapi penanggulanganya tidak bisa seratus persen diatasi pemerintah, melainkan memerlukan partisipasi masyarakat.

“Karena itu, diperlukan apa yang kita sebut sebagai Kampung Siaga Bencana (KSB) yang dibentuk di tiap Nagari. Tim KSB ini akan bergerak pertama kali memberi bantuan sebelum tim SAR atau BPBD datang ke lokasi bencana di Nagari itu,” ujar Wakil Gubernur Nasrul Abit kepada para pengurus KSB se Sumatera Barat di hotel Kawan, hari Kamis.

    Menurut Nasrul Abit kemampuan penanganan bencana oleh tim KSB akan menjadikan sebuah Nagari benar-benar berada dalam kondisi siap siaga, paling tidak mengurangi korban yang berjatuhan secara dini.

    Dalam kegiatan yang leading sector nya Dinas Kadis Sosial Sumatera Barat Jumaidi itu,ditekankan kepada pemberian pengetahuan teknis yang dapat menyiapkan masyarakat melakukan penyelenggaraan  penanggulangan bencana secara mandiri.

    "Untuk menciptakan kondisi kesiapsiagaan tersebut, masyarakat perlu dibekali serangkaian pengetahuan dan keterampilan yang berhubungan dengan penanggulangan bencana berbasis masyarakat,” ujar Nasrul Abit.

    Sementara itu Kadis Sosial Sumbar Jumaidi mengatakan KSB dibentuk dengan maksud untuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari ancaman dan resiko bencana dengan cara menyelenggarakan kegiatan pencegahan dan penanggulangan bencana berbasis masyarakat.

    "Melalui pemanfaatan potensi sumber daya manusia yang ada pada lingkungan setempat sesuai dengan pasal 2 Permensos Nomor 128 Tahun 2012 tentang KSB" kata Jumaidi. (raihan al karim)

    ------------