×

Iklan


THR Terima, tapi Jangan Coba Minta Cuti Lebaran

08 Apr 2021 | 11:42:31 WIB Last Updated 2021-04-08T11:42:31+00:00
    Share
iklan
THR Terima, tapi Jangan Coba Minta Cuti Lebaran
PNS tahun ini tak boleh cuti

Padang, Khazminang.id – Para pegawai pemerintah tahun ini menerima tunjangan hari raya full tanpa potongan, tetapi ada aturan yang membuat mereka kurang bahagia lantaran MenPAN/RB menerbitkan aturan yang melarang PNS untuk mengambil cuti lebaran.

Jadi, selain tidak boleh mudik, juga tidak boleh cuti. Itu aturan yang ditetapkan oleh Menpan melalui Surat Edaran No 8 tahun 2021.

SE yang diteken Menpan Tjahjo Kumolo itu memaktubkan juga sanksi bagi pegawai yang melanggar. Sanksinya bisa hukuman disiplin mulai dari teguran hingga pemecatan. Seluruh sanksi itu diacu kepaa  PP No. 53 Tahun 2010 tentang Disiplin PNS. 

    Bagaimana dengan pegawai kontrak (Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja - PPPK)? Pegawai dengan klasifikasi ini juga mesti mematuhi SE Menpan.

    SE itu masih memberi ruang pengecualian untuk hal-hal khusus yang tidak bisa dihindari untuk tidak bisa mematuhinya antara lain, pengecualian itu diberikan kepada  PNS yang melaksanakan perjalanan untuk tugas kedinasan yang bersifat penting dan terlebih dahulu memperoleh Surat Tugas yang ditandatangani oleh minimal Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama (eselon II) atau Kepala Kantor Satuan Kerja.

    (Baca juga: THR PNS Tahun ini tanpa Potongan)

    Pengecualian juga diberikan kepaa  Aparatur Sipil Negara yang dalam keadaan terpaksa perlu melakukan kegiatan ke luar daerah dengan terlebih dahulu mendapatkan izin tertulis dari Pejabat Pembina Kepegawaian di lingkungan instansinya.

    Surat Edaran Menpan tentang larangan cuti lebaran ini  berlaku pada periode 6 - 17 Mei 2021.

    Larangan cuti dikecualikan dan dapat diberikan untuk cuti melahirkan, cuti sakit atau cuti karena alasan penting bagi PNS, cuti sakit bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) (eko)