×

Iklan

KURSI WAWAKO PADANG MASIH KOSONG
Syafrial Kani: Padang Sedang Banyak Persoalan

06 Jul 2021 | 16:07:50 WIB Last Updated 2021-07-06T16:07:50+00:00
    Share
iklan
Syafrial Kani: Padang Sedang Banyak Persoalan
KETUA DPRD Kota Padang, Syafrial Kani. DOK

Padang, Khazminang.id— Ketua DPRD Kota Padang, Syafrial Kani meminta partai pengusung Walikota dan Wakil Walikota Padang, untuk segera mengusulkan nama yang akan mengisi posisi Wakil Walikota Padang, pasca ditinggal Hendri Septa yang sudah dilantik menjadi walikota menggantikan Mahyeldi Ansharullah.

“Kursi Wawako Padang ini harus segera diisi. Kami meminta partai yang bersangkutan secepatnya mengusulkan nama ke DPRD Padang, karena banyak persoalan yang mesti kita selesaikan,” kata Syafrial, Selasa (6/7).

Syafrial didampingi Anggota DPRD Padang, Donal Ardi menambahkan, masalah saat ini terletak di partai masing-masing yakni PAN dan PKS yang sampai hari ini masih belum mengusulkan nama calonnya ke DPRD Padang sehingga proses pemilihan wawako belum bisa terlaksana.

    Meski sudah ada dua kandidat yang diusulkan oleh masing-masing partai, kata dia, namun hal itu belum resmi dan baru sebatas diumumkan kepada media. Syafrial menjelaskan, mekanisme pemilihan wawako di DPRD Padang dilaksanakan berdasarkan tata tertib yang sudah ada.

    "Secara umumnya nanti nama calon akan diusulkan oleh partai pengusung kepada Wali Kota Padang terlebih dahulu, setelah itu barulah disampaikan ke DPRD Padang," katanya.

    Setelah itu, lanjutnya, pihak DPRD Padang akan segera membentuk panitia pemilihan yang dimana satu orang akan mewakili satu fraksi. Partai yang berhak mengusulkan nama calon wawako adalah dari PAN dan PKS, sementara partai lainnya tidak berhak mengusulkan nama calonnya karena telah diatur dalam regulasi.

    Berdasarkan regulasi yang ada untuk memilih Wakil Walikota Padang diusulkan dua nama dari partai pengusung. Sementara dua nama dari PAN yang direkomendasikan adalah Amril Amin yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Padang dan Ekos Albar yang saat ini menjabat sebagai Wabendum DPP PAN.

    Sedangkan dari PKS, dua nama yang direkomendasikan adalah Mulyadi Muslim yang saat ini menjabat sebagai Sekretaris Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Padang dan Muharlion yang tengah menjabat sebagai Wakil Ketua Komisi II DPRD Kota Padang.

    Wako Tak Tahu

    Sebagaimana diketahui, jabatan Wakil Walikota Padang tak kunjung terisi menyusul naiknya Hendri Septa menjadi walikota menggantikan Mahyeldi Ansharullah (kini Gubernur Sumbar, red),  sehingga kursi wakilnya hingga kini masih kosong.

    Wali Kota Padang Hendri Septa yang juga ketua DPD PAN Kota Padang mengaku tidak mengetahui persoalan penyebab belum adanya usulan nama Wakil Walikota tersebut. Hendri Septa mengaku hanya kader PAN, sementara yang menentukan usulan Wawako petinggi partai politik (parpol).

    "Saya sudah sering sampaikan, saya tidak tahu, karena hanya kader, karena penentunya ada bos petinggi partainya," kata Hendri Septa dilansir tribun, Jumat (2/7) lalu.

    Hendri Septa mengaku menerima siapa saja yang jadi pendampingnya memimpin Kota Padang. "Kalau saya terima saja, siapa saja," ungkap Hendri Septa.

    Hendri Septa, mengaku menyerahkan semua urusan penentuan Wakil Wali Kota Padang pada parpol pengusung. Menurutnya, kinerja Pemko Padang tetap berjalan walaupun tanpa adanya Wawako Padang. "Kalau saya bakerja, banyak yang bantu, para asisten dan pejabat lainnya," tambah Hendri Septa. Ryan Syair