×

Iklan


Sukses Gelar WIES 2023, Tahun Depan Sumbar akan Ulangi Lagi

06 Juli 2024 | 18:14:05 WIB Last Updated 2024-07-06T18:14:05+00:00
    Share
iklan
Sukses Gelar WIES 2023, Tahun Depan Sumbar akan Ulangi Lagi
Wapres MA'ruf Amin ketika membuka WIES pertama setahun lalu

Padang, Khazanah – Sukses menggelar World Islamic Economic Summit (WIES) pada tahun 2023 lalu, Sumatera Barat bertekad hendak menggelar pertemuan pelaku ekonomi muslim dunia itu untuk kedua kalinya pada 2025 mendatang.

Minggu 7 Juli, di halaman Masjid Raya Sumatera Barat yang akan berganti nama menjadi Masjid Raya Syekh Achmad Khatib Al Minangkabawy itu, akan luncurkan semua persiapan menyambut WIES 2025 tersebut dengan tajuk Road to WIES 2025. Menteri Pariwisata Sandiaga Uno akan datang dan hadir meluncurkan agenda tersebut.

Kata Kepala  Dinas Pariwisata Sumbar, Luhur Budianda Road to WIES 2025 adalah kerja keroyokan Pemprov Sumbar dalam hal ini Disparprov dengan  dengan Kemenparekraf. Kegiatan ini merupakan permulaan dari WIES 2025 yang rencana akan diselenggarakan pada pertengahan 2025 mendatang.

    “Kegiatan ini akan  menjadi momentum pengembangan wirausaha halal di Indonesia, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, dan Sumatera Barat menjadi pusatnya," ujar Luhur Budianda.

    Seperti diketahui, tahun 2023 WIES diselenggarakan pertama kali di Padang. Ini adalah foum  bertemunya pengusaha muslim dari 24 negara di dunia guna  bertukar informasi, membuka peluang usaha, wawasan, dan lapangan kerja baru.

    “Tapi kegiatan ini juga memperkukuh branding pariwisata Sumatera Barat di mata traveleer dunia, terutama dunia Islam,” kata Gubernur Mahyeldi dua tahun silam dalam acara yang sama.

    Saat dilaksanakan peluncuran R2WIES 2025 hari Minggu 7 Juli 2024 ini, sekaligus menjadi momentum peresmian pemberian nama Masjid Raya Syekh Ahmad Khatib Al Minangkabawy untuk Masjid Raya Sumatera Barat.

    Dua tahun silam pada acara WIES 2023 diperoleh sambutan positif dari delegasi 24 negara yang hadir. "Sambutan dari peserta WIES 2023 sangat bagus karena itu kita akan persiapkan lebih matang pada 2024," kata Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi.

    WIES, kata Gubernur,  memberikan dampak positif bagi Sumbar. Memberikan edukasi dan memperluas relasi bagi pelaku UMKM berbasis halal hingga berpotensi memperluas pasar luar negeri.

    Ini sejalan dengan yang disampaikan oleh Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin ketika membuka acara WIES 2023. Kata Wapres ketika itu,  untuk memperkuat posisi Sumbar dan Indonesia secara umum adalah dengan memperbanyak pelaku usaha berbasis halal melalui proses inkubasi.

    WIES kata Wapres,  akan mendukung sektor pariwisata Sumbar karena peserta juga diberikan famtrip pariwisata untuk mengenal destinasi unggulan Sumbar.

    Ma'ruf Amin  menyebutkan sambutan hangat dari delegasi 24 negara yang menjadi peserta adalah sinyal bahwa banyak negara di dunia yang mendukung pengembangan ekonomi syariah dan industri halal dengan Indonesia sebagai pusatnya.

    Ke depan, tugas pemerintah adalah untuk memperbanyak pelaku usaha berbasis halal dan fokus pada pengembangan ekonomi syariah. Perlu menjadi perhatian, untuk mengembangkan ekonomi syariah perlu dilakukan proses inkubasi (penyemaian). Karena sebenarnya calon pengusaha berbasis halal itu sudah ada, tetapi belum tumbuh. Tugas kita pemerintah untuk bisa menumbuhkannya," Wapres ketika itu. (eko)