×

Iklan


Sukses Gelar LIDM 2021, Unand Diapresiasi Sekjen Kemdikbudristek

20 September 2021 | 17:21:45 WIB Last Updated 2021-09-20T17:21:45+00:00
    Share
iklan
Sukses Gelar LIDM 2021, Unand Diapresiasi Sekjen Kemdikbudristek

Padang, Khazminang.id-- Universitas Andalas (Unand) sukses menggelar Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) 2021 yang diikuti 1.495 tim dari 173 perguruan tinggi negeri dan swasta di Tanah Air. 

Lomba yang digelar pada Jumat (17/9) hingga Minggu (19/9) itu, ditutup secara virtual oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Sekjen Kemdikbudristek), Suharti, Minggu (19/9) malam di The ZHM Premier Hotel & Convention Padang.

Suharti mengapresiasi keberhasilan Unand sebagai tuan rumah pelaksanaan LIDM tahun ini yang digelar secara hybrid di tengah pandemi Covid-19.

    “Ini suatu yang tidak mudah. Kami mengapresiasi keberhasilan Unand sebagai penyelenggara, dan sangat bangga pada semua peserta yang telah memiliki semangat dan perjuangan yang sangat tinggi di tengah cobaan pandemi,” ujarnya.

    Menurutnya, teknologi harus dimanfaatkan sebaik-baiknya agar dapat memberikan manfaat dan memecahkan berbagai masalah yang ada. 

    “Kita dapat beradaptasi dengan perubahan teknologi saat ini yang paling penting adalah kita memiliki kepedulian terhadap pembangunan yang berkelanjutan,” sebutnya.

    Pada malam penutupan LIDM Tahun 2021, Plt Kepala Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi memuji semangat peserta yang tetap tinggi untuk berpartisipasi dalam LIDM 2021.

    Ia meminta mahasiswa untuk terus semangat mencapai prestasi, LIDM merupakan agenda yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional yang bekerja sama dengan perguruan tinggi.

    “Sejak awal bahu membahu untuk menyelenggarakan LIDM sampai malam ini. Terima kasih kami ucapkan kepada rektor dan panitia yang telah melaksanakan LIDM tahun ini beserta mahasiswa yang mengikuti lomba LIDM,” katanya.

    Menurutnya, peran aktif mahasiswa amat dituntut dalam mewujudkan program merdeka belajar kampus merdeka, dengan melakukan inovasi. Serta akan menjadi inspirasi mahasiswa di seluruh Indonesia dengan tetap berprestasi dari rumah.

    Rektor Unand, Yuliandri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pusat Prestasi Nasional Kemendikbudristek yang mempercayakan Unand sebagai penyelenggara LIDM 2021, panitia dan semua pihak yang telah ikut serta menyukseskan acara tersebut.

    “Kami juga ucapkan selamat kepada adik-adik mahasiswa yang ikut serta dalam LIDM 2021. Teruslah inovatif dan melahirkan ide-ide cemerlang yang bermanfaat bagi masyarakat dan masa depan bangsa Indonesia,” katanya.

    Adapun, LIDM 2021 dibagi dalam lima divisi yaitu, Divisi I Inovasi Teknologi Digital Pendidikan (ITDP), Divisi II Inovasi Materi Digital Pendidikan (IMDP), Divisi III Video Digital Pendidikan (VDP), Divisi IV Poster Digital (PD), dan kategori baru Divisi V Microteaching Digital (MD).

    Berikut Daftar Pemenang LIDM 2021:

    Divisi I ITDP:

    Juara I (DikasihflegexDong/Universitas Negeri Yogyakarta)

    Juara 2 (Edutech/Universitas Jember)

    Juara 3 (Kemendikbud/Universitas Telkom)

    Juara Harapan (Ganesha04_Div1/Universitas Pendidikan Ganesha)

    Divisi II IMDP:

    Juara I (Waalaikumsalam warahmatullahi wabarokatuh/Universitas Negeri Yogyakarta)

    Juara 2 (404/Universitas Negeri Yogyakarta)

    Juara 3 (CS Team/Universitas Negeri Malang)

    Juara Harapan (Ngalam Team/Universitas Negeri Malang)

    Divisi III VDP:

    Juara I (Tanggo/Institut Pariwisata dan Bisnis Internasional)

    Juara 2 (Vokasinema/Universitas Brawijaya

    Juara 3 (Scenema/Institut Seni Indonesia Surakarta)

    Juara Harapan (Mannessani Production/Universitas Muhammadiyah Makassar)

    Divisi IV PD:

    Juara 1 (Aurum/Universitas Negeri Yogyakarta)

    Juara 2 (Amerta/Universitas Gadjah Mada)

    Juara 3 (Pandeka/Universitas Andalas)

    Juara Harapan (Gentech/Institut Teknologi Sepuluh Nopember)

    Divisi V MD:

    Juara 1 (Brigida Meraki/Universitas Negeri Yogyakarta)

    Juara 2 (Darmaya UNESA/Universitas Negeri Surabaya)

    Juara 3 (DawetAyu/Universitas Ahmad Dahlan)

    Juara Harapan (Team FKIP EUE 5/Universitas Esa unggul).

    [Rina Akmal]