×

Iklan


Sujud Syukur: Tata Cara, Doa, dan Waktu Pelaksanaannya

12 Apr 2021 | 00:47:17 WIB Last Updated 2021-04-12T00:47:17+00:00
    Share
iklan
Sujud Syukur: Tata Cara, Doa, dan Waktu Pelaksanaannya
(foto: Ist/net)

Padang, Khazminang.id-- Dalam Islam kepada ummat diajarkan, jika kita mendapatkan suatu kenikmatan baik itu berupa rezeki yang melimpah, nikmat sehat, nikmat panjang umur, dan lain sebagainya, kita dianjurkan untuk bersyukur atas segala kenikmatan yang di dapat.

Biasanya sebagai wujud rasa syukur kita kepada Yang Memberi Kenikmatan, kita mengucapkan “Alhamdulillah”, namun ada satu lagi yang dapat kita lakukan sebagai bentuk syukur atas nikmat yang diberikan, yaitu dengan melakukan sujud syukur.

Berikut penjelasan tentang hal-hal yang terkait dengan Sujud Syukur sebagaimana dilansir dalamislam.com

    Hukum Sujud Syukur

    Sujud syukur mengajarkan kepada kita sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah atas semua nikmat dan anugerah yang diberi. Hukum dari sujud syukur ini menurut sebagian pendapat ulama adalah sunnah.

    Menurut Imam Maliki, sujud syukur ini hukumnya makruh. Sedangkan menurut madzhab Hanafi juga berhukum makruh, apabila dikerjakan setelah melakukan shalat. Karena dikhawatirkan apabila orang lain melihat dan beranggapan bahwa terdapat sujud tambahan setelah shalat akan dihukumkan Sunnah atau bahkan diwajibkan.

    Beberapa pendapat ulama yang menghukumi sujud syukur itu Sunnah, berhujjah pada hadist Nabi berikut ini:

    “Dari Abu Bakrah bahwa apabila Nabi SAW meraih sesuatu yang disenangi atau diberi kabar gembira, beliau segera sujud sebagai tanda syukur kepada Allah SWT.” (HR. Ibnu Majah, Tirmidzi, dan Abu Daud, Hasan).

    Tata Cara Sujud Syukur

    Pada dasarnya tidak ada tata cara khusus untuk melakukan sujud syukur ini. Sujud syukur ini dilakukan satu kali dan dilakukan di luar shalat.

    Rasulullah SAW mencontohkan dalam melakukan sujud syukur, beliau sujud menghadap kiblat, melakukan sujud seperti pada umumnya dan memanjangkan sujudnya.

    Setelah selesai sujud beliau mengangkat kepalanya. Atau kita juga bisa melakukan tata cara sujud syukur sebagai berikut:

    1. Menghadap Kiblat
    2. Niat untuk sujud syukur
    3. Sujud seperti dalam shalat dengan membaca doa bacaan syukur
    4. Duduk kembali
    5. Lalu salam

    Doa Bacaan Sujud Syukur

    Berikut doa bacaan sujud syukur yang bisa kita baca saat sujud syukur:

    سُبْحٙانٙ اللّٰهِ وٙالْحٙمْدُ لِلّٰهِ وٙلٙا اِلٙهٙ اِلّٙا اللّٰهٙ وٙاللّٰهُ اٙكْبٙرُ. وٙلٙاحٙوْلٙ وٙلٙا قُوّٙةٙ اِلّٙا بِا للّٰهِ الْعٙلِيِّ الْعٙظِيْمِ

    “Maha Suci Allah dan Segala puji bagi Allah, Tiada Tuhan Selain Allah, Allah Maha Besar, dan Tiada daya dan Kekuatan atas izin Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

    Pada intinya, doa bacaan sujud syukur yaitu doa untuk memuji pada Dzat Pemilik Segalanya.

    Waktu Pelaksanaan Sujud Syukur

    Untuk waktu pelaksanaan sujud syukur juga tidak ada waktu tertentu seperti waktu untuk menjalankan salat wajib yang sudah ditetapkan waktu-waktunya. Akan tetapi sujud syukur ini bisa kita lakukan kapan saja dan dimana saja.

    Bisa di saat kita diselamatkan dari sebuah musibah besar, atau ketika kita mendapat nilai yang tinggi, atau ketika kita diterima pekerjaan, dan situasi lainnya yang dimana kita mendapatkan kenikmatan yang tak terhingga.

    Demikian pembahasan tentang sujud syukur, mulai dari tata cara, doa, dan waktu pelaksanaannya. Semoga semuanya bermanfaat dan kita menjadi hamba yang pandai bersyukur (*/Novrizal Sadewa).