×

Iklan


SMA 3 Padang Sekolahnya Para Pemimpin

11 Juni 2024 | 09:19:46 WIB Last Updated 2024-06-11T09:19:46+00:00
    Share
iklan
SMA 3 Padang Sekolahnya Para Pemimpin

Padang – SMANTRI Sekolah Para Pemimpin. Tulisannya cukup besar dan terpampang jelas ketika setiap orang masuk ke lingkungan sekolah favorit itu. Tagline tersebut diharapkan dapat menyemangati dan memotivasi setiap insan yang ada di sekolah, baik siswa, guru maupun orangtua siswa serta alumni.

Tak berlebihan rasanya SMA 3 Padang mengusung tagline tersebut. Ini tentang fakta karena sekolah yang berada di Jalan Gajah Mada Kota Padang itu telah melahirkan banyak pemimpin di negeri ini. Pemimpin itu tak hanya jabatan gemerlap di luar sana, tetapi dimulai dari pemimpin di tingkat keluarga yang menciptakan keluarga harmonis dan anak-anak yang berprestasi di bidangnya.

“Setiap kita ini adalah pemimpin. Kepemimpinan itu dimulai dari memimpin diri sendiri dan memimpin keluarga,” kata Mayjend Jhonny Djamaris S.IP, M.IP, Dosen Universitas Pertahanan yang merupakan alumni SMA 3 Padang angkatan 89.

    Jika yang dimaksud adalah pemimpin dengan jabatan tertentu, maka jabatan Gubernur Sumbar pernah diemban oleh alumni SMA 3 Padang angkatan 82, yaitu Irwan Prayitno. Alumni SMA 3 Padang juga banyak menduduki posisi dan jabatan mentereng lainnya, sebut saja sebagai duta besar, perwira TNI, anggota DPR RI/DPRD provinsi/kabupaten/kota, pejabat di kementerian/lembaga, kepala dinas, pengusaha, hakim agung, dokter, notaris, dan lainnya.

    Mayjend Jhonny Djamaris S.IP, M.IP bersama alumni lainnya yang tergabung dalam Ikatan Alumni SMA 3 (Ikasmantri) berkunjung ke almamater bersama jajaran Pengurus Besar (PB) Ikasmantri Padang yang baru saja dilantik Minggu malam (09/06/2024), di antaranya Ketua Umum PB Ikasmantri Dr. dr. Rahyussalim, Sp.OT(K), Ketua Harian Alpianif, Sekretaris Mardanus Muslim, Bendahara Eva Rimayanti dan lainnya.

    Hari itu, Senin (10/06/2024), pihak sekolah meluncurkan tagline “SMA 3 Padang Sekolahnya Para Pemimpin”. Usai peluncuran tagline dilanjutkan dengan silaturahmi dan motivasi PB Ikasmantri terhadap adik-adiknya para siswa putih abu-abu. Menyongsong masa depan mereka usai menamatkan SMA, perlu persiapan sebab dunia sekarang berada di genggaman.

    “Yang paling penting itu kenali diri sendiri dalam hal ini potensi kita sebelum memutuskan memilih jurusan untuk kuliah. Selanjutnya, kenali juga dunia di luar sana yang akan dihadapi. Ini salah satu konsep kita di TNI dalam menghadapi musuh,” kata Mayjend Jhonny.

    Para murid putih abu-abu itu juga unjuk potensi dirinya. Diawali dengan penampilan Tari Pasambahan, selanjutnya Tari Rantak. Begitu musik Tari Rantak terdengar, para guru dan alumni yang duduk di kursinya masing-masing, spontan saja berdiri dan mengikuti gerak anak-anaknya menari Tari Rantak dari belakang.

    “Serasa ingin pula kami tampil menari seperti dulu,” kata seorang alumni yang mengikuti gerakan tari.

    Master Ceremony (MC) juga unjuk kelihaiannya, tak hanya berbicara dalam bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa Arab dan bahasa Inggris. Pengucapan bahasa Arab dan bahasa Inggris mereka patut diacungi jempol.

    “Keren anak-anak sekarang, menguasai banyak bahasa. Tapi untuk tampil sebagai MC, mereka harus belajar lagi, jangan buru-buru bicaranya, artikulasinya harus jelas,” ujar Alpianif.

    Kepala SMA 3 Padang, Zahroni sangat mengapresiasi kepedulian Ikasmantri terhadap almamaternya. Semua kegiatan tesebut dapat terselenggara berkat kerjasama antara sekolah dengan alumni.

    “Dukungan alumni sangat kami harapkan untuk kemajuan sekolah dan peningkatan kualitas sumber daya di sekolah,” katanya.

    Ketua PB Ikasmantri Padang, Rahyussalim mengatakan, salah satu dari program kerja alumni adalah berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di SMA 3 Padang. salah satunya dalam bentuk kegiatan motivasi dari alumni untuk para adik-adiknya, disamping berkontribusi bagi pembangunan daerah.

    “Program lainnya adalah penguatan organisasi dan pemberdayaan UMKM alumni untuk kesejahteraan bersama,” katanya. (devi)