×

Iklan


Setelah PKS Ajukan Nama, PAN Usung Amril Amin dan Ekos Albar Jadi Calon Wakil Wali Kota Padang

18 Mei 2021 | 11:59:17 WIB Last Updated 2021-05-18T11:59:17+00:00
    Share
iklan
Setelah PKS Ajukan Nama, PAN Usung Amril Amin dan Ekos Albar Jadi Calon Wakil Wali Kota Padang
Dua nama itu yang diusung PAN untuk calon Wakil Wali Kota Padang, Amril Amin, Wakil Ketua DPRD Padang dan Ekos Albar, Wakil Bendahara DPP PAN (foto: Ist/net).

Padang, Khazminang.id--  Setelah Mahyeldi terpilih jadi Gubernur Sumbar dan Wakilnya Hendri Septa dilantik menjadi Wali Kota Padang,  kursi Wakil WaliKota Padang yang lowong, menjadi rebutan antar dua partai pengusung yakni Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Amanat Nasional (PAN).

 

Dewan Pimpinan Daerah PKS Kota Padang telah menetapkan dua nama calon Wakil Wali Kkota Padang untuk mengisi kursi yang ditinggalkan Hendri Septa yakni Muharlion dan Mulyadi Muslim.

     

    Setelah PKS, PAN juga merekomendasikan dua nama untuk mengisi jabatan Wakil Walikota Padang sisa masa jabatan 2019-2024 yang ditinggalkan Hendri Septa.

     

    Dua nama itu adalah Ekos Albar, Wakil Bendahara DPP PAN dan Amril Amin, Wakil Ketua DPRD Padang.

     

    Hal itu dibenarkan Ketua DPW PAN Sumbar Indra Dt Rajo Lelo, Senin (17/5).

     

    Indra menyatakan pihaknya merekomendasikan dua nama ke DPP PAN, untuk mengisi kursi kosong Wakil Walikota Padang, pasca dilantiknya Hendri Septa menjadi Walikota Padang defenitif.

     

    “Setelah melalui berbagai pertimbangan di internal PAN, maka diputuskan untuk merekomendasikan Saudaraku Ekos Albar dan Amril Amin ke DPP PAN,” ujar Indra.

     

    Dia mengatakan, sosok kedua kader ini dinilai mampu berkolaborasi dengan walikota Hendri Septa.

     

    “Mereka kami nilai akan saling melengkapi dengan Walikota Hendri Septa dalam membangun Kota Padang,” ujar Wakil Ketua DPRD Sumbar ini.

     

    Terkait klaim bahwa kursi kosong Wakil Walikota milik PKS, dia mengatakan koalisi pengusung pasangan Mahyeldi-Hendri Septa memang PKS dan PAN.

     

    “Sesuai Undang-undang, kedua partai ini berhak mengusung nama untuk mengisi posisi kosong itu. Dan sampai saat ini belum ada pembicaraan dengan PKS,” katanya.

     

    Dia mengatakan, pihaknya akan berpijak pada aturan yang ada, yakni kedua partai mengusulkan nama untuk kemudian dipilih di DPRD Padang.

     

    “Soal siapa yang akan dipilih itu kita serahkan kepada DPRD Padang saja,” katanya.

     

    Sebelumnya, PKS pun sudah mengajukan dua nama sebagai calon wakil walikota yakni Muharlion, Ketua DPTD PKS Padang yang juga Ketua Fraksi PKS DPRD Padang, dan Mulyadi Muslim, yang saat ini menjabat Sekretaris MUI Padang dan Sekum IPSI Padang (Novrizal Sadewa).