×

Iklan


Selama Rakernas Apeksi, Uang Berputar di Padang Ditaksir Rp40 M Lebih

10 Agustus 2022 | 15:59:26 WIB Last Updated 2022-08-10T15:59:26+00:00
    Share
iklan
Selama Rakernas Apeksi, Uang Berputar di Padang Ditaksir Rp40 M Lebih
Ilustrasi. NET

Padang, Khazminang.id-- Rakernas Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) ke-XV di Kota Padang digadang-gadangkan jadi momentum pertumbuhan ekonomi.

Bahkan, menurut Wali Kota Padang, Hendri Septa, ditaksir ada sekitar Rp40,145 miliar lebih yang berputar selama perhelatan Rakernas yang berakhir hari ini, Rabu (10/8).

"Angka itu belum termasuk tiket pesawat yang dibeli pada biro perjalanan di Padang maupun dana pendukung dari Pemko Padang, baik saat persiapan maupun setelah kegiatan," ujarnya di Padang, Selasa (9/8).

    Hendri berujar, sejak tanggal 5 Agustus hingga 10 Agustus 2022, perkiraan perputaran uang mencapai Rp24,146 miliar.

    "Hitung-hitungannya berasal dari sewa hotel, sewa kendaraan, parkir, pameran di ICE, pusat penjualan oleh-oleh, konsumsi, objek wisata, perdagangan barang dan jasa lainnya," kata Hendri Septa.

    Menurut Hendri Septa, perputaran uang terbesar terjadi pada 7 dan 8 Agustus 2022 yakni masing-masing di atas Rp6 miliar.

    Angka tersebut didasarkan pada kehadiran 5.064 orang, dari pesanan kamar hotel rata-rata 2.500 kamar per hari, lalu ada 500-an kendaraan yang dirental peserta, pameran di ICE, pusat penjualan oleh-oleh, dan lainnya.

    "Belum lagi biaya yang dikeluarkan pemerintah untuk persiapan dan pelaksanaan Rakernas mencapai Rp15 miliar," paparnya.

    Kemudian ditambah bantuan pihak swasta sekitar Rp1 miliar, sehingga total peredaran uang selama pelaksanaan Rakernas XV Apeksi mencapai Rp40,146 miliar lebih.

    "Semoga Rakernas XV Apeksi ini bisa menjadi menambah semangat bagi masyarakat Kota Padang untuk bisa bangkit kembali," tutur Hendri Septa.

    Ia mengakui, kehadiran iven ini sangat penting bagi warga kota, setelah dua tahun berada dalam kondisi terpuruk akibat Pandemi Covid-19.

    Ia berharap kegiatan ini menjadi momentum untuk kebangkitan. Sejalan pula dengan semangat peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, "Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat".

    "Terima kasih kepada tamu yang sudah datang, terima kasih kepada warga kota yang sudah mendukung penuh kegiatan ini. Ini yang namanya Rakernas usai, pundi-pundi dituai," katanya dengan senyum mengembang. (khz)