×

Iklan

PAHLAWAN SUMBAR DI PON PAPUA
Sedih, di Balik Histeria Kemenangan Iwan Samurai

07 Oktober 2021 | 14:26:04 WIB Last Updated 2021-10-07T14:26:04+00:00
    Share
iklan
Sedih, di Balik Histeria Kemenangan Iwan Samurai
Iwan Samurai

Padang, Khazminang -- Tidak ada kelegaan yang selega ini dirasakan seorang Muswar Iwan atau yang lebih dikenal di Sumatera Barat sebagai Iwan Samurai. Ia dengan tekad keras membaja berangkat ke arena PON, tidak hanya untuk membela panji-panji Sumatera Barat, tetapi juga demi bisa menutup utang yang melibatnya dalam usaha gym di Padang.

Kini dengan medali emas di tangan setelah mengalahkan binaragawan tangguh Jateng dan Papua, Iwan tentu akan beroleh bonuus besar seperti dijanjikan Gubernur Sumbar Mahyeldi Ansharullah.

Ini adalah emas ketiga dia raih di usia 47 tahun setelah dua PON sebelumnya ia juga mengharumkan nama Sumatera Barat. Dan ia teringat teguran kawannya : "Sampai kapan kamu akan jadi atlet, maka bikinlah usaha menopang masa depan".

    Pesan kawannya itu membuat ia memutuskan membuka sebuah ruang kebugaran, gym yang dia harapkan dapat menjadi penopang masa depan manakala nanti tidak jadi atlet lagi lantaran faktor usia. Sayangnya, Covid-19 datang, dan usaha gym itu tidak menghasilkan seperti yang diharapkan. Bahkan menyisakan utang yang cukup menyesakkan dada.

    "Tapi saya tidak mau putus asa. Saya memutuskan harus ke Papua bertanding mendapatkan medali emas," katanya.

    Untuk ke PON di tengah ulur-tarik biaya pembinaan atlet oleh Pemprov Sumbar membuatnya tidak mau menyerah. Meski minim bantuan, ia pun rela saja menggadaikan mobil Honda CRV nya Rp100 juta. "Uang itu untuk pembinaan diri, menu, vitamin, peralatan dan sebagainya. Mustahil binaragawan hanya makan nasi saja," ujarnya.

    Ia butuh tak kurang dari Rp20 juta sebulan, sudah termasuk program diet seharga Rp4,2 juta.Berlatih dimana? "Saya gunakan gym saya yang sedang nganggur karena adanya COvid-19," ujar dia.

    Senin 4 Oktober, doanya terkabul. Ia dinyatakan sebagai pria berotot terbaik dibanding lawan-lawannya.Medali emas pun dikalungkan kepadanya, warga Sumatera Barat pun bertepuk tangan. Semua bahagia. Tapi siapa yang tahu perjuangan berat Iwan Samurai untuk membanggakan Sumatera Barat itu? (eko yanche edrie)