×

Iklan


Sambut Tahun Baru Islam, Ratusan Warga Bungo Tanjuang Gelar Pawai Obor

30 Juli 2022 | 00:15:54 WIB Last Updated 2022-07-30T00:15:54+00:00
    Share
iklan
Sambut Tahun Baru Islam, Ratusan Warga Bungo Tanjuang Gelar Pawai Obor
Ratusan warga Nagari Bungo Tanjuang, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, menggelar pawai obor dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H, Jumat (29/7) malam. IRFAN

Batipuh, Khazminang.id-- Ratusan masyarakat Nagari Bungo Tanjuang, Kecamatan Batipuh, Kabupaten Tanah Datar, menggelar pawai obor, Jumat (29/7) malam. Kegiatan itu digelar dalam rangka menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1444 H.

"Ada sekitar 300 masyarakat Bungo Tanjuang yang mengikuti acara pawai obor ini. Mereka terdiri dari 10 TPA dan masyarakat Nagari Bungo Tanjuang," kata Wali Nagari Bungo Tanjuang, Yudisthira Anuggraha Dt Majo Basa, kepada Khazminang.id.

Yudhistira berujar, acara pawai obor ini dimulai selepas salat Isya berjemaah di Masjid Nurusa'dah Jorong Padang Kunyik. Setelah melaksanakan salat Isya berjemaah, peserta sebelumnya juga melakukan zikir bersama di masjid.

    "Dari Jorong Padang Kunyik, pawai terus bergerak ke Jorong Ampia Rayo, Jorong Jambak, Kantor Wali Nagari (Balai Akad), lanjut ke Jorong Haru, Jorong Guguak Nyariang dan finish di Jorong Kapuah," kata wali nagari yang melepas langsung pawai tersebut.

    Pelepasan pawai obor menyambut tahun baru Islam ini, kata dia, turut dihadiri Ketua KAN F. Datuak Majo Lelo, Ketua BPRN Yufita Elizani, Bhabinkamtibmas Bripka Afriandi, ninik mamak, para pemangku adat, bundo kanduang, tokoh pemuda dan masyarakat.

    "Karena semangat dan antusias masyarakat untuk menyambut tahun baru Islam ini, obor yang dibuat dari bambu dan minyak tanah tersebut dibuat secara swadaya oleh masyarakat dan anak TPA," tambahnya.

    Datuak Majo Baso sangat bangga terhadap inisiatif masyarakat, khususnya anak kemenakan yang tengah menimba ilmu di TPA dalam menyemarakkan penyambutan tahun baru Islam ini. Mulai dari proses pembuatan obor, sampai pada arak-arakan yang juga menjadi riuh dengan lantunan shalawat dan musik pengiring.

    "Saya atas nama wali nagari sangat bangga dengan antusiasme masyarakat. Semoga kegiatan ini dapat mempererat tali silahturahmi antar seluruh warga, khususnya masyarakat Nagari Bungo Tanjuang," tutupnya. (Irfan)