×

Iklan


Saling Lirik Nasdem-PKB, Fadly Amran-Sovia Lorent untuk Pilkada Padang?

12 Juni 2024 | 17:43:19 WIB Last Updated 2024-06-12T17:43:19+00:00
    Share
iklan
Saling Lirik Nasdem-PKB, Fadly Amran-Sovia Lorent untuk Pilkada Padang?
DUO kandidat bakal calon Walikota Padang, Fadly Amran dan Sovia Lorent, diapit Ketua DPW PKB Sumbar, Firdaus dan Ketua DPC PKB Padang, Yusri Latif. IST

´╗┐Jakarta, Khazminang.id-- Dinamika politik jelang Pilkada Kota Padang 2024, bergerak kian dinamis. Tak hanya penjajakan koalisi antar partai politik, sejumlah nama kandidat bakal calon Walikota dan Wakil Walikota Padang yang digadang-gadang akan ikut berlaga pada alek lima tahunan itu, juga mulai saling lirik mencari kesepahaman untuk maju bersama.

Rabu (12/6), bertempat di salah satu rumah makan di Jakarta, Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar, yang juga kandidat kuat calon Walikota Padang, Fadly Amran, dijamu Ketua DPW PKB Sumbar, Firdaus dan Ketua DPC PKB Kota Padang, Yusri Latif. Sebelumnya, Fadly Amran memenuhi undangan DPP PKB untuk mengikuti UKK Bacakada yang digelar serentak se Indonesia.

"Terima kasih sudah memenuhi undangan UKK DPP PKB. Kita berharap, siapapun yang nantinya akan diputuskan untuk menerima rekomendasi DPP PKB sebagai calon atau pasangan calon kepala daerah yang akan diusung PKB di Pilkada Padang, tentunya sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat," kata Firdaus.

    Anggota DPRD Prov. Sumatera Barat itu mengatakan, PKB menaruh harapan besar kepada seluruh Cakada, khususnya yang mendaftar dan siap maju bersama PKB, untuk tetap teguh dalam soliditas dan kebersamaan.

    "Mari bersama-sama kita niatkan Pilkada yang akan digelar November 2024 mendatang, untuk memajukan daerah dan masyarakat, mewujudkan perbaikan dan perubahan di segala lini," pungkasnya.

    Ketika disinggung apakah PKB akan berkoalisi dengan Partai Nasdem dalam menyongsong Pilkada Padang, Firdaus menyebut jika segala sesuatunya masih dan mungkin saja terjadi. Apalagi, PKB dan Nasdem merupakan koalisi tangguh yang telah memasangkan capres cawapres, Anies-Muhaimin (AMIN).

    "Sejauh ini masih dinamis. Namun begitu, berbagai peluang terus kita jajaki bersama dengan Partai Nasdem. Insya Allah, jika memang masyarakat menginginkan koalisi ini terwujud, tentu akan kita siapkan duet pasangan terbaik untuk menggelorakan kembali semangat perubahan berkemajuan di Kota Padang," pungkas Firdaus.

    Ketua DPW Partai Nasdem Sumbar, Fadly Amran, merespon baik penyampaian Firdaus. Menurutnya, niat dan langkahnya untuk maju di Pilkada Padang, adalah bagian dari panggilan hatinya untuk bisa mengabdikan diri di tanah kelahirannya itu.

    "Terpenting adalah kolaborasi dan sinergi dalam membangun Kota Padang ke depan. Kita harus sepakat, bahwa pembangunan tidak akan bisa diwujudkan oleh walikota dan wakilnya saja. Perlu dukungan penuh masyarakat dan segenap stake holder yang ada," ujar Fadly.

    Lantas, apakah Partai Nasdem akan bersama-sama dengan PKB menghadapi Pilkada Kota Padang. "Dari awal, saya nyatakan tertarik dengan PKB. Namun, saya tetap akan rasional dalam memilih pasangan berdasarkan kesiapan calon dan tentunya sesuai dengan keinginan masyarakat Kota Padang berdasarkan hasil survey nantinya," tandas Fadly.

    Ada yang menarik dari pertemuan siang itu. Bersama-sama pimpinan partai politik, tampak hadir sosok perempuan yang juga telah menyatakan kesiapan untuk maju di Pilkada Padang. Adalah Sovia Lorent, satu-satunya kandidat cakada perempuan yang masuk dalam bursa. Belakangan, nama Ketua GPEI Sumbar yang sebelumnya juga sudah mengikuti proses UKK di DPP PKB itu, makin diperhitungkan.

    Koalisi Partai Nasdem-PKB jika memang terwujud, adalah paripurna. Nasdem dengan 7 (tujuh) kursi di DPRD Padang, tentunya akan semakin kuat dengan PKB yang berhasil memecahkan rekor dengan perolehan 4 (empat) kursi pada Pileg lalu. Dengan jumlah 11 kursi, koalisi ini sudah dipastikan bisa untuk mengantarkan jagoannya untuk didaftarkan ke KPU Kota Padang.

    Akankah saling lirik antara Partai Nasdem-PKB akan mengusung duet Fadly Amran-Sovia Lorent pada Pilkada Padang, November 2024 mendatang? "Kita tunggu tanggal mainnya," kata Ketua DPC PKB Kota Padang, Yusri Latif.

    Rumor akan berpasangannya Fadly Amran dan Sovia Lorent di Pilkada Padang, memang sempat berkembang sejak beberapa waktu terakhir. Beragam tanggapan masyarakat muncul merespon beredarnya e-brosur yang menampilkan gambar Fadly dan Sovia sebagai pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Padang periode 2024-2029.

    "Pantas dan cocok. Saatnya Bundo Kanduang tampil di kancah politik Kota Padang. Kehadiran sosok perempuan pemimpin, tentu akan menjadi jembatan untuk mewakili kepentingan perempuan lainnya, yang selama ini justru terabaikan oleh pemimpin laki-laki," kata Musdek, salah seorang pemerhati pendidikan Kota Padang. Ryan Syair