×

Iklan


Rutan Kelas IIB Painan Dirazia, Petugas Temukan Kartu Domino

06 Apr 2021 | 17:49:12 WIB Last Updated 2021-04-06T17:49:12+00:00
    Share
iklan
Rutan Kelas IIB Painan Dirazia, Petugas Temukan Kartu Domino
Petugas gabungan di Kabupaten Pesisir Selatan melakukan razia di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Painan, Selasa (6/4).

Painan, Khazminang.id-- Petugas gabungan di Kabupaten Pesisir Selatan melakukan razia di Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Painan, Selasa (6/4). Seluruh kamar di dalam Rutan digeledah. Petugas pun menemukan sejumlah barang.

Tim gabungan terdiri dari pihak Rutan, dibantu jajaran Polres Pesisir Selatan. Sebelum razia berlangsung, pihak Rutan dan kepolisian melakukan apel gabungan di halaman Rutan setempat yang dipimpin langsung Kepala Rutan Kelas IIB Painan, Fajar Ferdinan.

"Razia ini kami lakukan atas instruksi dari Dirjen Permasyarakatan, yang juga dibantu oleh pihak kepolisian," kata Fajar Ferdinan, kepada Khazminang.id, Selasa (6/4). 

    Dikatakan, razia ini dilakukan di seluruh kamar yang ada di Rutan tersebut. Hal itu bertujuan guna menjaga kenyamanan, dalam hal barang yang bakal membahayakan seperti senjata api, senjata tajam, handphone, narkoba dan lainnya. 

    Di samping itu, sambung dia, razia gabungan ini juga dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Lapas ke-57, yang mana dalam kegiatan itu dibagi dalam dua tim untuk 16 kamar di Rutan tersebut.

    "Dari hasil pengeledahan, tidak ada ditemukan barang-barang yang membahayakan. Yang kami temukan hanya, pisau cukur, kaleng dan kartu Domino," ujar Fajar. 

    Lebih lanjut kata dia, saat ini, warga binan di Rutan Kelas IIB Painan, sebanyak 108 orang, terdiri tahanan dan narapidana.

    "Dari keseluruhan warga binaan ini, yang mendominasi adalah kasus narkoba. Kemudian pencurian dan terakhir masalah perlindungan anak," bebernya.

    Di sela-sela itu, Fajar mengajak warga binaan, dalam rangka menyambut bulan suci Ramadan, agar dapat mengintrospeksi dirinya masing-masing dengan melaksanakan salat dan mengaji di dalam kamar.

    "Mulai sekarang tidak ada lagi kartu domino atau remi. Karena telah disalahgunakan untuk main judi. Tugas kalian sekarang di kamar mengaji dan salat. Kalau kalian tidak mau sadar, kalian yang rugi sendiri, ingatnya kepada warga binaan," kata Fajar kepada warga binaan.

    Di kesempatan itu, Kabag Ops Polres Pesisir Selatan, Arsyal mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya berharap kegiatan berkelanjutan dan selalu bersinergi dengan Rutan Kelas IIB Painan. 

    "Selamat Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57, semoga jaya dan berkah," ungkap Arsyal. (Milhendra Wandi)