×

Iklan


Ribuan Pedagang Pasar Raya Padang Sudah Divaksin Covid-19

04 Mar 2021 | 18:37:59 WIB Last Updated 2021-03-04T18:37:59+00:00
    Share
iklan
Ribuan Pedagang Pasar Raya Padang Sudah Divaksin Covid-19
Pedagang Pasar Raya dan Petugas Dinas Perdagangan Kota Padang, menerima vaksinasi dari petugas Dinas Kesehatan.

Padang, Khazminang.id-- Sekitar 2.500 pedagang di Pasar Raya Padang, petugas Dinas Perdagangan Kota Padang dan masyarakat pasar, telah menerima vaksin Sinovac dari petugas Dinas Kesehatan setempat di Lobi Blok III Pasar Raya Padang, Kamis (4/3).

Dari hasil pantauan di lapangan, tampak para pedagang pasar dan petugas Dinas Perdagangan, antre untuk menerima suntikan vaksin.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Padang, Ferimulyani Hamid mengatakan, efek suntik vaksin akan tergantung terhadap daya tahan tubuh seseorang.

    "Ketika tubuh seseorang itu baik dan membentuk antibodi, virus yang masuk akan dimakannya, tetapi ketika daya tahan tubuhnya tidak baik, antibodi yang terbentuk juga sedikit," katanya kepada awak media, Kamis (4/3).

    Dia menyebukan, meskipun sudah divaksin, potensi seseorang akan tertular virus Covid-19 akan tetap ada, meskipun tidak sebesar orang yang belum diberi cairan antibodi tersebut.

    "Jika begitu, risiko dirawat di rumah sakit tidak besar, rumah sakit tidak penuh. Namun, walaupun divaksin harus tetap menerapkan Protokol Kesehatan (Prokes) 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan," ujarnya.

    Disebutkannya, vaksinasi terhadap pedagang di Pasar Raya Padang sudah masuk ke tahap dua.

    "Sosialisasi vaksin akan terus dilakukan sambil berjalan di kegiatan ini," imbuhnya.

    Selain vaksinasi, petugas juga akan melakukan cek kesehatan untuk penyakit tak menular, seperti pengecekan tensi, suhu tubuh, lingkar perut, dan berat badan.

    "Nanti akan diketahui seseorang itu apakah menderita penyakit menular tertentu atau tidak, seperti diabetes atau hipertensi sehingga skrining faktor risikonya sekalian kami dapatkan saat vaksinasi itu," ucapnya.

    Pihaknya menargetkan program vaksinasi akan terus berjalan hingga Desember 2021. Selain menyasar Organisasi Perangkat Daerah (OPD), semua masyarakat berusia di atas 58 tahun juga akan divaksin.

    "Kemarin kami ada melalukan penyuntikan terhadap Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Padang sebanyak 47 orang dari 56 pegawainya, Dinas Pendidikan (Disdik) 147 orang, dan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) 150 orang," ujarnya.

    Sementara itu, Kepala Dinas Perdagangan (Kadisdag) Kota Padang, Andree Algamar mengatakan, dalam melaksanakan kegiatan vaksinasi tersebut, pihaknya menggunakan data jumlah pedagang yang telah di-swab beberapa waktu lalu. Pedagang yang divaksin juga termasuk lanjut usia atau lansia.

    "Kami pakai data pedagang yang di-swab dulu. Yang divaksin bukan hanya yang muda, tapi juga lansia, dalam waktu tiga hari ke depan," kata Andree. (Murdiansyah Eko)