×

Iklan

TIGA DEKADE JNE MERANGKAI NUSANTARA
Rantai Kebahagiaan Itu Tak Pernah Lapuk

29 Desember 2020 | 14:24:11 WIB Last Updated 2020-12-29T14:24:11+00:00
    Share
iklan
Rantai Kebahagiaan Itu Tak Pernah Lapuk
PRESIDEN Direktur PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Mohamad Feriadi saat menyerahkan bantuan penanganan Covid-19 kepada Gubernur DKI, Anies Baswedan. IST

Padang Panjang, Khazminang.id— 30 tahun hadir sebagai rantai pemersatu yang merangkai seluruh wilayah Nusantara, PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE) semakin mengukuhkan diri sebagai sebuah perusahaan yang konsisten dalam mendorong akselerasi pembangunan nasional dan menggenjot pertumbuhan perekonomian domestik.

Selama 30 tahun itu pulalah, perusahaan milik anak bangsa yang telah mempekerjakan lebih dari 50 ribu karyawan yang tersebar di seluruh daerah di Indonesia ini, komit dalam mengantarkan kebahagiaan sampai ke pintu-pintu rumah warga. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Semua terhubung, terintegrasi dalam semangat kebahagiaan.

“Pakeeeeeeeeet...,” teriak seorang pengendara sepeda motor berseragam JNE dari balik pagar.

    Dengan sigap, Nafizatul Hamdi bersegera membuka pintu rumahnya di kawasan Silaiang Bawah, Kec. Padang Panjang Barat, Kota Padang Panjang, Sumatera Barat. Roman kebahagiaan terpancar jelas dari wajah jurnalis muda itu. Karena sepanjang Senin 28 Desember 2020 siang itu, ia memang sudah menunggu-nunggu kedatangan barang belanjaannya yang dikirim melalui JNE.

    “Terima kasih, Bang,” ucap Apiz -sapaan Nafizatul hamdi- setelah membubuhkan tanda tangan di lembaran resi penerimaan barang yang disodorkan kurir JNE dengan penuh keramahan.

    Apiz, adalah satu dari ribuan, bahkan jutaan pelanggan setia JNE. Kesetiannya pada perusahaan yang didirikan oleh Soeprapto Suparno, persisnya pada 26 November 1990 silam itu, tak lain karena kecepatan, kehandalan dan keamanan barang yang selalu memenuhi ekspektasinya. Karena berbicara soal pengiriman barang sebut Apiz, adalah berbicara tentang kepuasan.

    “Awalnya, saya mengetahui JNE ini dari Ibu saya, yang kebetulan telah sering menggunakan layanan jasa pengiriman barang sejak berpuluh tahun lalu. Dan sejak empat tahun terakhir, saya akhirnya juga mempercayakan JNE untuk segala urusan pengiriman. Karena memang, saya puas,” ujar Apiz yang mengaku kerap menggunakan layanan JNE Yakin Esok Sampai (YES) itu.

    Tidak hanya berbicara soal kehandalan dalam hal pelayanan jasa pengiriman, penanganan transportasi, logistik dan distribusi semata, di tiga dekade perjalanan perusahaan rantai pasokan global terkemuka dunia ini, JNE juga telah menjelma menjadi sebuah rumah besar bagi sekitar 50 ribu lebih masyarakat Indonesia yang menggantungkan hidupnya di sana.

    Mereka, para Ksatria dan Srikandi JNE itu, tersebar di 7.000 lebih titik lokasi layanan di seluruh Nusantara. Dengan ragam pelayanan yang mengutamakan kecepatan dan ketepatan waktu, seperti tak ada lagi pulau-pulau yang terpisah jauh, tak ada lagi jarak dan waktu yang memutus lama. Kenyamanan, kepuasan dan kebahagiaan pelanggan, menjadi segala-galanya.


    LEBIH dari 50 ribu Ksatria dan Srikandi JNE, siap mengantarkan kebahagiaan sampai ke pelosok Nusantara. IST

    “Kami ingin masyarakat terhubung dalam kebahagiaan. Bagi kami, pelanggan adalah raja dan kami selalu konsisten dalam melayani dan menjaga hubungan baik dengan mereka dan orang-orang di sekitarnya. Tumbuh di tengah-tengah masyarakat, kami juga ingin bahagia bersama masyarakat,” ujar Presiden Direktur PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir (JNE), Mohamad Feriadi.

    Dengan dukungan lebih dari 150 lokasi layanan JNE yang terhubung dengan sistem komunikasi online, JNE berkomitmen untuk merantai kebahagiaan dari 268 juta penduduk yang tersebar di 17 ribu lebih pulau-pulau besar dan kecil di seluruh Nusantara. Beragam inovasi, produk dan layanan dihadirkan. Dengan penuh komitmen, JNE terus berevolusi untuk menjadi bagian penting dalam sejarah perjalanan bangsa.

    Sesuai dengan tagline connecting happiness yang diusungnya, kehadiran JNE memang tidak hanya sekadar tentang layanan jasa pengiriman, namun juga menyangkut hajat hidup dalam berbagai aspek dan dinamika kehidupan sosial masyarakat. Semua dirajut dalam kebahagiaan sebagai wujud tanggung jawab mereka terhadap lingkungan sekitar dan kontribusi positif dalam membangun peradaban bangsa.

    “Sejak awal perusahaan ini dibangun oleh almarhum Ayah saya, JNE telah diwariskan dengan konsep dan nilai-nilai spiritual. Kami selalu diajarkan untuk berbagi dan peduli. Kebiasaan ini pulalah yang selalu kami pegang teguh dan terus memotivasi kami untuk mengamalkan nilai-nilai spiritual dalam hal kebiasaan memberi, menyantuni dan menyayangi anak yatim, fakir miskin dan para kaum dhuafa,” kata Feriadi.


    BERBAGI kebahagiaan yang diungkapkan melalui gelaran berbagai kegiatan amal dan sosial, terus dilakukan sebagai wujud tangung jawab moral JNE terhadap lingkungan sekitar. IST

    Perusahaan yang secara berturut-turut meraih Baznas Award (2019-2020) sebagai perusahaan dengan CSR terbaik itu, memang selalu mengamalkan kandungan surat Al-Ma’un sebagai wujud tanggung jawab mereka terhadap lingkungan sekitar. Kandungan surat ke-107 dalam Al-Quran itu pulalah yang diyakini sebagai sumber bahagia dan keberkahan, hingga mengantarkan JNE sampai ke puncak kejayaannya saat ini.

    Tidak hanya berkontribusi besar dalam upaya penanganan dan pemulihan krisis di masa pandemi Covid-19, JNE melalui sinergi Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), juga telah menyalurkan bantuan, donasi dan wakaf yang tak terbilang angka. Baik yang disalurkan secara langsung, maupun melalui berbagai program yang melibatkan sejumlah lembaga dan yayasan yang bergerak di bidang sosial, kemanusiaan dan keagamaan.

    Connecting happiness itu adalah bagaimana kita bisa menghubungkan dan terus membagi kebahagiaan kepada sesama. Apapun bentuk dan polanya. Insha Allah, ini merupakan tanggung jawab moral kami sebagai sebuah perusahaan milik anak bangsa, yang tumbuh dan berkembang berkat kepercayaan dan dukungan semua,” ujar Feriadi.

    Selain telah menyerahkan langsung donasi dan wakaf kepada ratusan panti asuhan di berbagai daerah, bantuan komputer dan internet gratis bagi anak yatim piatu, JNE juga menggratiskan pengiriman penanganan Covid-19 selama masa pendemi. Sedikitnya, 100 ton lebih kiriman sudah diantarkan oleh para Ksatria dan Srikandi JNE ke ribuan pusat pelayanan kesehatan di seluruh wilayah Indonesia.

    Kebahagiaan yang terus disalurkan JNE melalui rantai yang menghubungkan seluruh wilayah di Nusantara, memang telah berhasil mengantarkan perusahaan peraih Satyalancana Wira Karya dari Kementerian Kominfo pada tahun 2019 ini pada pencapaian ISO 9001: 2008 pada sistem manajemen mutu. Keberhasilan inilah yang membawa JNE terus mendapatkan kredibilitas dari seluruh mitra dan pelanggan setianya.


    JNE terus menunjukkan kontribusinya dalam upaya penanganan dan pemulihan krisis di masa pandemi Covid-19. IST 

    "Kami sangat menyadari, perubahan berlangsung begitu cepat. Tekonologi dan informasi juga berkembang begitu pesat. Tanpa disadari, kondisi ini telah menggeser perilaku masyarakat yang membutuhkan cara-cara cerdas dalam mendukung mobilitas dan fleksibilitas dalam segala aktivitas mereka. Insha Allah, sembari terus melalukan pembenahan, bertransformasi dan berevolusi dalam kebahagiaan, JNE hadir sebagai solusi untuk menjawab tantangan itu,” beber Feriadi.

    Di tiga dekade perjalanannya merangkai dan menghubungkan Nusantara dalam jalinan rantai kebahagiaan, JNE memang telah mengokohkan diri sebagai sebuah perusahaan yang matang, handal dan kompeten dalam melayani masyarakat Indonesia di bidang jasa pengiriman ekspres dan logistik.

    Dan selama 30 tahun itu pulalah, JNE telah membuktikan dirinya sebagai sebuah perusahaan yang hadir sebagai perajut Nusantara, menghubungkan seluruh wilayah kepulauan dengan bahagia. Sampai di tiga dekade perjalanannya, rantai-rantai kebahagiaan yang dibangun dengan kekuatan surat Al-Ma’un itu, nyaris tak pernah lapuk dimakan usia.

    “Tiga dekade adalah bukti nyata, bahwa JNE telah benar-benar menyatu, dekat dan lekat di hati masyarakat Indonesia. Selamat ulang tahun JNE. Teruslah berkarya membangun bangsa, membangun peradaban. Teruslah menebar dan berbagi kebahagiaan kepada sesama,” ujar Apiz yang masih dalam kebahagiaan usai menerima paket kirimannya. Irfan Efendi