×

Iklan


Puskeswan Pariaman Layani Pengobatan Hewan Peliharaan, Gratis!

05 Oktober 2021 | 15:06:54 WIB Last Updated 2021-10-05T15:06:54+00:00
    Share
iklan
Puskeswan Pariaman Layani Pengobatan Hewan Peliharaan, Gratis!

Pariaman, Khazminang.id-- Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kota Pariaman memberikan pelayanan pengobatan gratis bagi hewan peliharaan. 

UPT yang terletak di Kelurahan Jati Hilir, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman ini, melayani pengobatan gratis setiap hari kerja Senin hingga Jumat, dimulai dari pagi pukul 08.00 sampai 15.30 WIB. 

Untuk pelayanan, hanya khusus diberikan untuk pemilik hewan peliharaan yang merupakan warga Kota Pariaman, dengan menunjukan KTP atau KK sebagai bukti diri.

    Kepala UPT Puskeswan, Dahlia menyebutkan, pelayanan pengobatan ini bertujuan agar hewan peliharaan menjadi sehat dan terlindungi dari penyakit.

    “Kami selalu berusaha memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, yang membawa hewan peliharaannya berobat ke sini. Pelayanan pengobatan gratis bagi pasien hewan bisa dilakukan, kecuali untuk penangkaran dan rawat inap pasien hewan tidak bisa dilakukan,” ujarnya, Selasa (5/10).

    Pelayanan pengobatan gratis ini, kata dia, sudah lama dilaksanakan. Yaitu sejak awal UPT Puskeswan berdiri. Semua jenis hewan yang dibawa, selagi masih bisa ditangani, akan dilayani. Jika tidak, akan disarankan untuk dibawa ke klinik praktik dokter hewan terdekat.

    Rata-rata dalam satu hari, UPT Puskeswan melayani pasien sekitar 4 hingga 5 ekor hewan per hari. Jadi dalam seminggu, rata-rata ada sekitar 20 ekor hewan peliharaan yang diobati, dengan tenaga medis sebanyak 3 orang dan tenaga paramedis sebanyak 2 orang.

    “80 persen pasien hewan yang diobati adalah kucing, apalagi kucing ras yang saat ini lagi booming di Kota Pariaman dengan berbagai kasus seperti kecelakaan, terserang bakteri atau virus sehingga bisa menyebabkan penyakit kulit atau yang lainnya,” ungkap Dahlia.

    Dahlia mengimbau warga Kota Pariaman, kalau memelihara hewan ternak harus sesuai dengan standar pemeliharaan, dan harus dijaga dengan baik kebersihan dan kesehatannya.

    "Jangan hanya bisa memeliharanya saja tanpa merawat hewan tersebut, apalagi jika hewan peliharaan tersebut merupakan sumber ekonomi keluarga atau masyarakat," sambung dia.

    Sementara itu, salah seorang warga Jati Mudik, Wati yang datang membawa kucingnya berobat, mengatakan sangat senang dan terbantu sekali dengan pelayanan gratis yang diberikan oleh Puskeswan ini.

    “Kami tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk mengobati hewan peliharaan kami, kapanpun kami datang, kami selalu mendapatkan pelayanan yang baik dari Puskeswan ini,” ungkapnya. (Syafrial Suger)