×

Iklan


Prof Yusril Ihza Mahendra: Bagus TMII Diserahkan ke Negara

08 Apr 2021 | 12:12:15 WIB Last Updated 2021-04-08T12:12:15+00:00
    Share
iklan
Prof Yusril Ihza Mahendra: Bagus TMII Diserahkan ke Negara
Prof Yusril Ihza Mahendra

Jakarta, Khazminang.id – Langkah pengelola Taman Mini Indonesia Indah (TMII) menyerahkan aset dan pengelolaan TMII kepada negara, dinilai oleh mantan Mensesneg Prof. Yusril Ihza Mahendra sebagai langkah tepat.

“Dalam situasi sekarang ini saya rasa sulit dan berat bagi Yayasan Harapan Kita untuk mengelola kawasan yang luas itu. Jadi sudah bagus kalau negara mengambiul alih,” kata Yusril dalam dialog interaktif di RRI Pro-3 siang ini.

Menurut Yusril, semasa menjadi Menteri Sekretaris Negara, ia secara rutin menerima laporan pengelolaan oleh pengurus Yayasan Harapan Kita (YHK). Tapi ia mengaku tidak tahu lagi bagaimana dengan akhir-akhir ini.

    (Baca juga: TMII Diambil Alih Negara)

    “Pada waktu saya masih Mensesneg saja kondisinya sudah sangat sulit bagi pengelola, apalagi sekarang, saya rasa tidak mungkin lagi mereka menggantungkan biaya operasional kepada hanya penjualan tiket saja,” ujar pakar hukum tata negara itu.

    Menjawab pertanyaan presenter RRI, apakah perlu ada feedback untuk pengelola yang sudah menyerahkan TMII kepada negara, menurut Yusril perlu juga. Tetapi ia tidak bisa memberikan seperti bentuk penghargaan itu. Hanya saja, ia setuju bahwa apa yang dibuat oleh YHK dengan menghadirkan sebuah taman rekreasi pendidikan seperti TMII itu juga sebuah karya yang layak dihargai. “Tapi itu terserah pemerintgah saja lah, apalagi secara psikologis apa-apa yang berhubungan dengan keluarga Pak Harto masih belum kondusif iklimnya. Jadi terserah Presiden bagaimana baiknya saja,” kata dia. (eko/rri)