×

Iklan


Polwan Ini Habis-habisan Sukseskan

29 November 2021 | 09:55:25 WIB Last Updated 2021-11-29T09:55:25+00:00
    Share
iklan
Polwan Ini Habis-habisan Sukseskan
Kapolsek Bukittinggi AKP Rita Suryanti

Bukittinggi, Khazminang.id – Demi mencapai status Bukittinggi sebagai kota yang memiliki herd immunity yang kukuh, Polwan satu ini melakukan pelaksanaan vaksinasi di wilayah kerjanya dengan all out.

“Diantara tugas pokok menegakkan Kamtibmas, saya kerahkan anggota untuk menyukseskan program vaksinasi ini,” kata Kapolsek Bukittinggi AKP.Hj.Rita Suryanti,S.H yang memang terlihat amat sibuk mengurusi vaksinasi di wilayahnya sejak Oktober lalu. Wilayah yang menjadi tanggungjawabnya adalah Kecamatan Guguak Panjang, satupadukan dengan program yang digelar di seluruh Bukittinggi dengan nama sandi Buk Darsin (Bukittinggi Sadar Vaksin)

Menurutnya, program vaksinasi Covid-19 bukan semata tugas Pemerintah untuk mewujudkan pencapaian sasaran peruntukannya, namun diperlukan sinergi dan kolaborasi dengan semua pihak. “Kita membangun komunikasi dan disenergi dengan Polri,TNI, Pemerintah Daerah, dan Tenaga Kesehatan hingga masyarakat itu sendiri. Pemerintah ingin vaksinasi Covid-19 dapat disukseskan hingga penghujung akhir tahun 2021, sehingga di tahun 2022 mendatang diupayakan program pemulihan ekonomi yang terdampak dari pandemic virus corona,”  ucapnya.

    Ditambahkan Polwan senior di Polres Bukittinggi ini, pihaknya menerapkan sejumlah pola untuk menyatukan kekuatan demi suksesnya Buk Darsin yakni mengajak semua lini tokoh adat, ulama, pengurus masjid, bundo kanduang, sekolah, dan lini lainnya, sehingga ajakan dan seruan untuk vaksinasi diupayakan secara masif.

    “Pola yang kita upayakan dengan memberdayakan tokoh adat dan masyarakat untuk memberikan literasi kepada anak kemenakannya tentang pentingnya vaksin bagi tubuh guna menghindari paparan virus corona, kita juga ajak bundo kanduang, insan pendidikan,  pengurus masjid juga ikut mensosialisasikan melalui pengeras suara, ketika sebelum atau selesai mendirikan shalat informasi tentang vaksin juga digencarkan.

    Kita akui masih ada penyebaran informasi dan berita yang dikategorikan hoax tentang vaksinasi, kita ingin masyarakat memahami mana berita dan informasi yang valid dan sah, makanya ketika mereka datang ke posko vaksin dilakukan pemeriksaan atau skrining dulu, seseorang yang memiliki penyakit komorbid dinyatakan boleh atau tidak boleh tetap didahului hasil pemeriksaan tenaga kesehatan, jangan berandai-andai.

    Kita mengajak masyarakat datang untuk menerima suntikan vaksin Covid-19, ini hak masyarakat yang harus ditunaikan. Kemarin untuk wilayah Kecamatan Guguak Panjang sudah kita laksanakan sejak 15 November hingga 23 November 2021, sekarang untuk wilayah Mandiangin Koto Selayan, termasuk beberapa hari kemarin di Kelurahan Pulai Anak Aia,” ucapnya. (iwin sb)