×

Iklan


PMI Turunkan Hagglunds untuk Mencari Korban Banjir Bandang yang Belum Ditemukan

25 Mei 2024 | 22:21:22 WIB Last Updated 2024-05-25T22:21:22+00:00
    Share
iklan
PMI Turunkan Hagglunds untuk Mencari Korban Banjir Bandang yang Belum Ditemukan

Padang – Sampai saat ini, masih ada 10 orang korban banjir bandang dan longsor yang belum ditemukan. Semuanya di Tanah Datar. Untuk memudahkan proses pencarian dan evakuasi, Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan 1 unit alat berat jenis Hagglunds di sektor C, Simpang Manunggal,  Kecamatan Limo Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Sabtu (25/05/2024).

Alat berat jenis Hagglunds tipe Bangvagn 206 (BV206) ini merupakan kiriman dari PMI Pusat di Jakarta untuk membantu operasi tanggap darurat bencana PMI di Sumatera Barat khususnya Kabupaten Tanah Datar yang masih melakukan pencarian korban. Hagglunds dapat digunakan pada segala medan, baik berlumpur maupun berair.

"Kamis, alat berat itu sampai di Tanah Datar. Lalu Sabtu hari ini baru bisa kita operasikan," kata Ketua Bidang PB dan Logistik PMI Sumbar, Hidayatul Irwan.

    Alat berat tersebut, kata Hidayat, sangat membantu para relawan di lapangan dalam melanjutkan operasi pencarian dan evakuasi korban. Pasalnya, beberapa titik pencarian korban merupakan area sawah dengan lumpur yang cukup dalam.

    Dengan kendaraan seperti ini, diharapkan dapat mempermudah dan mempercepat tim evakuasi menjangkau area pencarian dan melakukan evakuasi korban. Selain itu, lanjut Hidayat, kendaraan tersebut juga dapat membantu kegiatan lain seperti distribusi barang bantuan atau logistik untuk masyarakat terdampak.

    Akmal, Asisten Basarnas Pusat yang memimpin operasi pencarian melaporkan, terdapat 40 orang yang tergabung dalam pencarian di sektor C ini. Diantaranya, TNI/Polri, Basarnas dan PMI. Tim sangat terbantu dengan adanya tambahan alat berat tersebut, sebab medan pencarian di Simpang Manunggal ini sangat luas.

    "Ada 4 orang korban yang dilaporkan hilang di daerah ini, semoga hari ini pencarian kita membuahkan hasil,” tutur Akmal. (devi)