×

Iklan


PKM Sendrasik FBS UNP, Sanggar Tari di Pariaman Dilatih Ciptakan Tari Berbasis Industri Pariwisata

10 September 2021 | 20:57:28 WIB Last Updated 2021-09-10T20:57:28+00:00
    Share
iklan
PKM Sendrasik FBS UNP, Sanggar Tari di Pariaman Dilatih Ciptakan Tari Berbasis Industri Pariwisata
Tim PKM Sendratasik FBS UNP memberikan pelatihan dan transformasi pengetahuan tentang penciptaan tari berbasiskan pada industri kepariwisataan (foto: Istimewa).

Padang, Khazminang.id--  Dalam rangka menerapkan Tridharma Perguruan Tinggi dalam bidang Pengabdian Masyarakat,  Tim Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Jurusan Sendratasik Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) Universitas Negeri Padang (UNP) melaksanakan pelatihan penciptaan tari berbasis industri pariwisata di Kota Pariaman.

Pelatihan tersebut dilaksanakan di Sanggar Mustika Minang Duo, pimpinan Eka Fitria dimulai dari bulan Juni lalu dan akan berakhir pada bulan September 2021. Kegiatan ini dilakukan  berkat kerjasama antara LP2M UNP dengan Dinas Pariwisata Kota Pariaman.

Dalam kesempatan itu, Tim PKM Sendratasik FBS UNP juga berkesempatan untuk memberikan pelatihan dan transformasi pengetahuan tentang penciptaan tari berbasiskan pada Industri Kepariwisataan.

    Menurut Ketua Tim PKM, Indrayuda, M. Pd., Ph. D., ide kegiatan ini, dimulai dari studi pendahuluan terhadap kota Pariaman sebagai kawasan wisata yang memerlukan perangkat pendukung dari manajemen kepariwiaataan tersebut.

    Salah satunya adalah kesiapan sumber daya manusia di sektor wisata budaya, yaitu salah satunya seni pertunjukan, mengingat kota Pariaman memiliki sumber seni tradisi yang dapat diolah sebagai industri wisata hiburan,” kata Indrayuda, Jumat (10/9) malam.

    Oleh karena itu, dirasa perlu untuk memberikan intervensi pengetahuan pada pelaku wisata yang ada di kota Pariaman.

    Pelatihan ini dilakukan oleh Indrayuda sebagai Ketua Tim dan Susmiarti sebagai anggota dengan didampingi oleh dua asisten yaitu Trismon dan Yunita, dengan tenaga teknis dokumentasi Ryan Hidayat dan  Dharmawangsa.

    Pelatihan meliputi kuat memunculkan ide garapan, mengkoleksi sumber garapan, pengambang bentuk gerak dari aspek ruang, tenaga, dan waktu, dinamik.

    Selain itu mengkonstruksi, dengan menata motif, frase, kalimat, dan gugus, dengan terlebih dahulu mendisain struktur garapan.

    Pelatihan ini juga mentransfer pengetahuan dan ketrampilan tentang teknik mengkonstruksi bangunan tari yang berbasis pada Industri Kepariwisataan,” ujar Indrayuda..

    Aadapun capaian yang diharapkan dari PKM ini menurut Indrayuda, adalah terciptanya dua buah tarian yang siap dipentaskan dan dipasarkan dalam industri pertunjukan kepariwisataan. Dengan basis dari pengembangan budaya lokal.

    Kegiatan ini direncanakan akan berkelanjutan sebagai sanggar binaan Jurusan Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang (Novrizal Sadewa).