×

Iklan


PKL Pasar Raya Padang Kembali Ditertibkan

23 Mei 2024 | 11:35:44 WIB Last Updated 2024-05-23T11:35:44+00:00
    Share
iklan
PKL Pasar Raya Padang Kembali Ditertibkan

Padang – Ada kabar gembira bagi pengunjung Pasar Raya Padang. Pasar terbesar di Sumbar itu terus berbenah agar nyaman dikunjungi dan aman berbelanja. Salah satunya dengan menata pedagang kali lima (PKL) dengan baik dan rapi.

Petugas Satpol PP Kota Padang menertibkan pedagang yang menggelar dagangannya di sembarang tempat, kadang menghalangi jalan masuk ke toko pedagang lainnya. Upaya penertiban dan penataan ini juga turut didukung dan dibantu oleh pedagang lainnya.

Namun masih ditemukan sejumlah pedagang yang nakal. Misalnya, ada yang mulai berjualan di pagi hari dan ada juga yang sudah berjualan sebelum waktu yang di perbolehkan. Bahkan beberapa pedagang ada yang meninggalkan lapak-lapaknya di badan jalan usai berjualan.

    Penataan Rasar Raya Padang ini dilakukan bersama Tim Gabungan Satpol PP,  Dinas Perdagangan, TNI dan Polri. Puluhan lapak pedagang terpaksa diangkut dan dinaikkan ke atas mobil dalmas Satpol PP Padang.

    "Silahkan berjualan sesuai waktu yang diperbolehkan sesuai Keputusan Walikota No. 438 tahun 2018 tentang Lokasi dan Jadwal Usaha Pedagang Kaki Lima di kawasan Pasar Raya Barat ini,” ujar Rozaldi Rosman, Kabid Tibumtranmas Satpol PP Padang saat melakukan penertiban di lapangan.

    Dikatakan, usai berjualan semua peralatan milik pedagang jangan ditinggalkan, seperti tenda, kursi, meja dan lainnya. Jika ada yang meninggalkan peralatannya maka terpaksa kami tertibkan. Berjualan lah pada waktu yang telah ditetapkan.

    Dari penertiban yang dilalukan, tim gabungan mengangkut sejumlah barang-barang milik pedagang yang ditinggal di lokasi. Semua barang-barang tersebut akan menjadi barang bukti, karena para pedagang nakal ini akan diproses oleh PPNS sesuai hokum yang berlaku.

    "Ada puluhan barang bukti yang kita amankan tadi, mulai dari lapak milik pedangan, kursi, meja, hingga payung yang sedang terpasang. Nanti semua kita serahkan ke PPNS untuk di data dan ditindaklanjuti sesuai aturan yang berlaku," terang Rozaldi.

    Pihaknya berharap, semua pedagang yang berjualan di Pasar Raya Padang agar selalu patuh dan menaati aturan yang telah ditetapkan, guna menciptakan pasar yang tertib, aman, nyaman dan ramai di kunjungi pembeli. (devi)