×

Iklan


Perumda Air Minum Kota Padang Berkurban 37 Ekor Sapi dan 28 Kambing

03 Agustus 2020 | 17:41:30 WIB Last Updated 2020-08-03T17:41:30+00:00
    Share
iklan
Perumda Air Minum Kota Padang Berkurban 37 Ekor Sapi dan 28 Kambing
Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah saat menyerahkan sapi kurban didampingi Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal

Padang, Khazminang-- Tiap Hari Raya Idul Adha, para karyawan dan karyawati Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Kota Padang selalu membagi-bagikan hewan kurban kepada masyarakat, terutama kepada warga yang berdomisili dekat sumber air Perumda Air Minum yang ada di beberapa titik di Kota Padang.

Meski pandemi Covid-19 belum berakhir, jumlah hewan kurban yang diserahkan Perumda Air Minum Kota Padang malah meningkat dibandingkan tahun lalu. Jika tahun lalu hanya berhasil mengumpulkan 27 ekor sapi, tahun ini meningkat jadi 37 ekor sapi. Begitu juga untuk kambing, naik signifikan dari tahun sebelumnya hanya 10 ekor, tahun ini berjumlah 28 ekor kambing.

Direktur Utama Perumda Air Minum Kota Padang, Hendra Pebrizal mengatakan, dana pembelian hewan kurban tersebut dikumpulkan dari para karyawan dan karyawati, mitra kerja dan dana Corporate Social Responsibility (CSR) Perumda Air Minum Kota Padang, hingga berhasil mengumpulkan 37 ekor sapi dan 28 ekor kambing.


    "Kurban dari karyawan ditambah CSR, alhamdulillah kita bisa berkurban sebanyak 37 ekor sapi. Ini agenda rutin kita tiap tahun, murni dari karyawan dan karyawati yang berkurban, tidak ada paksaan. Tahun ini ada 207 karyawan dan karyawati yang berkurban. Mereka mencicil Rp200 ribu sebulan, setahun terkumpul Rp2.400.000. Jika 7 orang, sudah dapat seekor sapi," kata dia saat penyerahan hewan kurban secara simbolis di kantor pusat Perumda Air Minum Kota Padang, Rabu (29/7).

    Sementara, Wali Kota Padang, Mahyeldi Ansharullah mengatakan, peningkatan jumlah hewan kurban yang di lingkungan Perumda Air Minum ini merupakan cerminan dari kesadaran seluruh jajaran direksi dan seluruh karyawan untuk beramal dan kepedulian sosial.

    "Alhamdulillah, kita melihat peningkatan ini (jumlah hewan kurban) cerminan dari kesadaran seluruh jajaran Direksi dan seluruh karyawan Perumda Air Minum Kota Padang untuk beramal dan kepedulian sosial," kata Mahyeldi Ansharullah.


    Mahyeldi yang saat itu didampingi Wakil Wali Kota, Hendri Septa menambahkan, berkurban bagi karyawan Perumda itu juga suatu bentuk kepedulian sosial. Terutama bagi masyarakat yang ada di sekitar sumber air, tentu akan sangat berarti.

    "Hewan kurban yang didistribusikan ke masjid dan mushalla sekitar sumber air akan sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat sekitar," ujar Mahyeldi.

    Lebih lanjut Mahyeldi menyebut, Perumda Air Minum Kota Padang harus terus meningkatkan pelayanan. Selain menambah jaringan baru, juga harus meningkatkan kualitas air yang siap diminum.

    "Sesuai harapan kita, Perumda Air Minum harus mampu memberikan pelayanan air siap minum dan menambah jaringan baru," katanya.

    Lebih lanjut kata dia, yakni untuk penambahan jaringan yang bisa menjangkau seluruh kawasan Kota Padang serta memperbaiki jaringan lama yang sudah tidak layak, membutuhkan anggaran Rp1 triliun.


    "Kita butuh anggaran tidak kurang dari Rp1 triliun untuk menggantikan jaringan lama dan menambah jaringan baru. Itu bisa dilakukan bertahap," tukas Mahyeldi.

    Saat penyerahan hewan kurban secara simbolis di kantor pusat Perumda Air Minum Kota Padang itu, turut hadir Sekretaris Daerah Kota Padang Amasrul, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Mairizon, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Amrizal Rengganis. (*)