×

Iklan


Penyebab Harga Rumah Terus Naik

02 Februari 2024 | 19:07:09 WIB Last Updated 2024-02-02T19:07:09+00:00
    Share
iklan
Penyebab Harga Rumah Terus Naik

Padang, Khazanah – Harga Rumah yang terus naik menjadi penyebab banyak orang kesulitan memiliki tempat tinggal tetap. Bahkan hal ini menjadi sesuatu yang sangat sulit untuk diraih oleh para generasi muda di usia produktif.

Setidaknya 3 dari 5 pemuda milenial saat ini belum memiliki tempat tinggal. Sebuah studi yang dilakukan oleh tSurvey terhadap 390 responden berusia 26 hingga 40 tahun menunjukan hal yang cukup menarik.

Di mana kelompok usia yang lebih matang, yakni 35-40 tahun memiliki persentase memiliki hunian yang lebih besar hingga 44%. Hal ini berbeda dengan kelompok usia 31-35 tahun sebesar 40% dan kelompok usia 26-30 tahun sebesar 38%.

    Lantas kenapa harga rumah terus naik hingga membuat banyak orang yang kesulitan untuk memiliki rumah sendiri?

    Ada 5 faktor penyebab harga rumah terus naik setiap tahun.

    1. Inflasi

    Inflasi menjadi faktor umum yang membuat harga semua barang dan kebutuhan terus naik, termasuk juga rumah. Dalam dunia properti, inflasi ini membuat harga bahan baku material bangunan menjadi mahal. Hal ini jelas berpengaruh pada harga rumah karena tingginya biaya untuk membangun rumah itu sendiri.

    2. Permintaan yang tinggi

    Dalam prinsip ekonomi diketahui jika semakin tinggi permintaan suatu produk, maka semakin tinggi pula harganya. Hal ini berlaku juga pada rumah yang mana kini permintaan masyarakat untuk memiliki rumah sangat tinggi. Hal ini tidak lepas dari stigma bahwa jika telah memiliki rumah maka hidup jauh lebih tenang. Tingginya keinginan inilah yang menjadikan harganya menjadi mahal.

    3. Minimnya lahan yang tersedia

    Kenaikan harga rumah juga terjadi akibat minimnya lahan yang tersedia. Terutama di kota-kota besar, lahan yang bisa dibangun rumah sangatlah minim. Lahan yang minim membuat harga tanahnya menjadi mahal. Jadi saat tanah tersebut dibangun rumah, maka harga rumahnya juga akan ikut mahal.

    4. Perkembangan infrastruktur

    Siapa sangka, perkembangan infrastruktur di kota-kota kecil juga berdampak pada kenaikan harga rumah. Hal ini bisa terjadi karena pembangunan infrastruktur yang merata membuat kemudahan akses masyarakat untuk menjangkau fasilitas publik. Rumah-rumah yang dibangun di dekat fasilitas publik di kota-kota tersebut jelas akan ikut mengalami kenaikan karena lokasinya yang menjadi strategis.

    5. Kenaikan harga material

    Berbagai hal yang terjadi di dunia akan berdampak kepada kenaikan harga barang termasuk material bangunan. Saat ini, harga material bangunan seperti besi semakin mahal imbas inflasi, konflik antar negara, dan lain sebagainya. Harga bahan yang naik akan membuat biaya pembuatan rumah ikut naik. Hal ini menjadikan harga jual rumahnya juga semakin tidak masuk akal. Itulah 5 faktor yang membuat harga rumah terus naik setiap tahun.