×

Iklan


Penghormatan untuk 53 Awak Nanggala 402, Penyair Sumbar dan Penyair 5 Negara Bacakan Puisi

05 Mei 2021 | 23:10:07 WIB Last Updated 2021-05-05T23:10:07+00:00
    Share
iklan
Penghormatan untuk 53 Awak Nanggala 402, Penyair Sumbar dan Penyair  5 Negara Bacakan Puisi
(foto: Istimewa)

Padang, Khazminang.id-- Tragedi kapal selam Nanggala 402 mengundang simpati dari berbagai pihak dan berbagai negara, termasuk kalangan sastrawan.

 

    Meski berasal dari negara yang berbeda, sastrawan dari lima negara memberikan penghormatan terhadap 53 awak kapal selam tersebut dengan berkolaborasi membacakan puisi.

     

    Tidak kurang 8 Pembaca Puisi Sumbar Talenta yang merupakan para pemenang dari ajang Sumbar Talenta dari berbagai angkatan akan melakukan baca puisi secara virtual mengenang tenggelamnya Nanggala 402.

     

    Kegiatan ini digagas sebagai bentuk ekspresi simpati atas tragedi tenggelamnya kapal selam KRI Nanggala 402 di perairan Bali tersebutakan ditaja pada tanggal 8 Mei 2021 pukul 22.00 malam waktu Malaysia atau (pukul 21.00 WIB).

     

    Acara ini merupakan kerjasama  Pemuisi Berkarya Malaysia dengan Sumbar Talenta Indonesia, Universitas Sumatera Utara (USU), Perkumpulan Rumah Seni Asnur (PERRUAS) dan Ikatan Setia Kawan Wartawan Malaysia Indonesia (ISWAMI).

     

    Presiden Persatuan Pemuisi Nasional Malaysia (Pemuisi) Datuk Dr Radzuan Ibrahim menjelaskan, acara itu akan disiarkan secara langsung melalui laman sosial Facebook Pemuisi Berkarya.

     

    Lebih 30 peserta dari Malaysia, Indonesia, Singapura, Brunei, Thailand dan Korea, akan membaca puisi duka ini. Acara ini diresmikan Pelindung Pemuisi Berkarya yakni Tan Sri Dr Hamad Kama Piah Che’ Othman.

     

    Peserta dari Malaysia termasuk dua Sasterawan Negara masing-masing, Prof Emeritus Dr Muhammad Salleh dan Datuk Dr Zurinah Hassan, serta ketua Lembaga Pengelola Dewan Bahasa dan Pustaka Datuk Seri Dr Awang Sariyan, serta Tokoh Wartawan Malaysia Tan Sri Johan Jaaffar.

     

    Sementara dari Indonesia diwakili Prof Madya Drs Siamir Marulafau dari USU, Asrizal Nur dari PERRUAS, dan Founder Sumbar Talenta Indonesia Sastri Bakry bersama anggotanya para pemenang Sumbar Talenta dari berbagai angkatan.

     

    Mereka adalah sang juara Mardhiyan Novita El-Munqidza  , Fedri Ramadhani , Igayana Junaidi Novi  Syafira Salsabila, Deni Saputra, Iif Wulansari dan penyair hebat Sumbar, Refdinal Muzan

     

    Sebagaimana telah diberitakan, pada 21 April lalu, KRI Nanggala 402 tenggelam dan  53 kru telah menjadi korban.

     

    "Ini adalah bentuk dedikasi dan penghormatan  para seniman 5 negara pada para pahlawan kita" ujar Sastri Bakry dan Harlym yang menggagas acara ini (*/Novrizal Sadewa).