×

Iklan


Pemprov Sumbar Bantu Bibit Ikan Nila untuk Kemandirian Ekonomi Ponpes Andalusia, Solok Selatan

11 Februari 2024 | 09:55:38 WIB Last Updated 2024-02-11T09:55:38+00:00
    Share
iklan
Pemprov Sumbar Bantu Bibit Ikan Nila untuk Kemandirian Ekonomi Ponpes Andalusia, Solok Selatan

Solok Selatan, Khazanah – Warga pondok pesantren harus mandiri secara ekonomi dengan memiliki sumber penghasilan. Salah satunya dengan memiliki kolam ikan yang dapat dikelola bersama dengan para santri.

Pemprov Sumbar bakal memberikan dukungan untuk kemandirian ekonomi masyarakat ini. Salah satunya dengan memberikan bantuan bibit ikan yang diserahkan untuk Pondok Pesantren (Ponpes) Andalusia, Batu Bajarang, Nagari Luak Kapau Kec. Pauh Duo, Kabupaten Solok Selatan.

"Bantuan bibit ikan yang kita berikan untuk Ponpes Andalusia ini berjenis ikan nila dengan jumlah sebanyak 10.000 ekor. Kita berharap, ini dapat memperkuat ekonomi Ponpes kedepan," kata Gubernur Sumbar Mahyeldi usai penyerahan bantuan bibit, Sabtu (10/2/2024).

    Usai diserahkan, gubernur ikut melepas bibit ikan nila tersebut di area kolam milik Ponpes Andalusia. Nagari Luak Kapau tersebut sangat cocok dijadikan lokasi budidaya ikan air tawar, sebab sumber airnya banyak dan jernih.

    "Daerah ini sangat cocok untuk lokasi budidaya ikan air tawar karena produksi airnya bagus dan jernih sehingga pertumbuhan ikannya bisa lebih cepat," ucap Mahyeldi.

    Sementara itu, Pimpinan Pondok Pesantren Andalusia, As'ari Khatib Manjoalam menyatakan pihaknya telah lama berkeinginan untuk memiliki bidang usaha. Namun karena keterbatasan modal hingga saat ini masih urung dilakukan.

    "Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada bapak gubernur, akhirnya niatan kami yang telah lama tertunda dapat terwujud berkat bantuan beliau," ungkap As'ari.

    Pihaknya memuji respon cepat gubernur terhadap usulan untuk penguatan ekonomi masyarakatnya. Sebab baru beberapa waktu yang lalu diusulkannnya dan langsung ada tindak lanjutnya.

    “Kami optimis, bantuan ini dapat dikembangkannya sebagai penguat ekonomi Ponpes Andalusia, sehingga pembiayaan operasional Ponpes tidak lagi bergantung dari para donatur dan para santri,” katanya. (devi)