×

Iklan


Pemprov Galakkan Pembelian Produk Lokal, PEPES Sumbar Dapat Angin Segar

16 Juni 2020 | 16:21:51 WIB Last Updated 2020-06-16T16:21:51+00:00
    Share
iklan
Pemprov Galakkan Pembelian Produk Lokal, PEPES Sumbar Dapat Angin Segar

Padang, Khazminang.id-- Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno mengimbau seluruh masyarakat Sumbar untuk menggalakkan pembelian produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Hal ini tertuang dalam Surat Edaran Gubernur No.516//Diskop-PUK/IV/2020 tentang imbauan pembelian produk UMKM wilayah Sumatera Barat.

Imbauan Gubernur tersebut menjadi angin segar bagi pelaku UMKM di Sumatera Barat. Demikian juga dengan Perhimpunan Penggerak Indonesia Sejahtera (PEPES).

Organisasi besutan Sandiaga Uno yang khusus bergerak di bidang pembinaan UMKM, selama ini memang fokus membina pelaku usaha yang selama ini tak tersentuh bantuan modal oleh pihak perbankan.

    Ketua PEPES Sumatera Barat, Wevy Maritha Istianti mengatakan, saat ini PEPES Sumatera Barat sedang giat-giatnya melakukan pembinaan terhadap pelaku usaha yang ada di Sumbar.

    "Bak gayung bersambut, program kami ini juga mendapat suport dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Barat, Zirma Yusri," katanya.

    Menurut Wevy, PEPES Sumatera Barat terbentuk berdasarkan SK No: PEPES/SK 34/0120/s Tahun 2020 yang ditandatangani oleh pengurus PEPES Pusat dengan sekretariat berlokasi di Jl. DR M. Hatta No. 111 Kota Padang.

    Lebih lanjut Wevy mengatakan, kalau PEPES bersifat sukarela, terbuka, sosial tanpa membedakan ras, suku, agama dan golongan. Disamping itu Pepes memiliki sifat bersih, sederhana dan mandiri.

    "Perjuangan dan pergerakan yang konsekwen dalam pemberdayaan ekonomi untuk bersama dan demokratis," terangnya.

    Tujuan utama PEPES didirikan ujar Wevy, adalah untuk melakukan bisnis/usaha dengan tidak semata untuk kepentingan pribadi. Akan tetapi juga bergerak untuk melakukan aktivitas sosial dengan melakukan pemberdayaan potensi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan, ekonomi masyarakat dan lingkungan sendiri.

    "Organisasi ini punya visi menjadi penggerak yang terlibat dalam pemberdayaan masyarakat, serta menjadi rujukan keluarga Indonesia dalam mewujudkan ekosistem keluarga sejahtera," ujarnya.

    Disamping itu, PEPES punya misi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas neraca rumah tangga dengan ikut serta aktif dalam semua program yang dibuat sesuai dengan kondisi masyarakat setempat.

    "Ada beberapa program unggulan yang akan dilakukan oleh PEPES Sumbar. Untuk bidang ekonomi ada Kulaqu yaitu program BBM Online yang berarti Beli Buatan Mak belanja buatan sendiri. Di sini anggota PEPES bisa memasarkan produk usahanya lewat toko online yang di kelola oleh pengurus PEPES sendiri," terang Wevy.

    Kemudian di bidang pendidikan, PEPES punya program agar anggotanya tidak terkendala dalam hal pendidikan putera/puterinya dengan memberikan semacam beasiswa kepada anggota yang kurang mampu. Kemudian di bidang sosial PEPES ikut menciptakan lapangan kerja untuk anggotanya dengan membuka jasa angkutan untuk pengantaran barang pesanan anggota melalui toko online.

    "Terakhir untuk kesehatan, PEPES berencana akan menyediakan mobil ambulance gratis buat anggota yang membutuhkan. Serta ikut berperan serta dalam menunjang program pemerintah di bidang imunisasi, agar kesehatan ibu dan anak Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi," pungkasnya. **

    (Marlim)