×

Iklan


Pemerintah Siapkan Pedagang Gerobak Jualan Pakai Kendaraan Listrik

01 Desember 2023 | 09:35:46 WIB Last Updated 2023-12-01T09:35:46+00:00
    Share
iklan
Pemerintah Siapkan Pedagang Gerobak Jualan Pakai Kendaraan Listrik

Jakarta, Khazanah – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki berharap kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) bisa menjadi penggerak ekonomi nasional. Menurutnya, EV bisa dikembangkan bukan hanya untuk kendaraan pribadi tapi juga bisa menjadi kendaraan niaga.

"Saya kira saya lihat tadi ada prototype-nya untuk kendaraan niaga dan itu wilayah saya," kata Teten di Jakarta, Kamis (30/11/2023).

Menurutnya pedagang gerobak bisa berjualan memakai gerobak dengan kendaraan listrik, sehingga lebih efeiktif dan berkembang.

    "Pedagang bakso, pedagang es krim, pedagang sate, bisa pakai antar gas, minuman, dan lain sebagainya, ini berkembang luar biasa," sambung Teten.

    Untuk mendukung hal tersebut, Teten berencana untuk membuat skema pembiayaan pelaku UMKM yang akan mengadopsi EV.

    "Kita bikinlah skema pembiayaannya, jadi nanti ganti itu tukang bakso jangan pakai roda lagi nanti kan ada KUR Klaster bisa sampai Rp500 juta," ungkap Teten.

    Nantinya menurut Teten bisa dikolaborasikan antara produsen dengan asosiasi-asosiasi usaha untuk merealisasikan KUR Klaster sehingga adopsi EV semakin meningkat dan difokuskan pada pabrikan EV lokal.

    "Kalau ini terus dikembangkan, saya kira ini akan lebih baik," ujarnya.

    Teten juga meminta pemerintah daerah untuk membuat aturan mengenai kesehatan lingkungan agar mendorong penggunaan EV. "Tentu daerah harus bikin aturan, daerah bikin aturan mengenai kesehatan lingkungan, jadi dorong penggunaan EV ini dengan brand lokal dengan dukungan skema pembiayaan tadi," ujarnya