×

Iklan


Peluncuran Tahapan Pilkada Kota Padang 2024 Berlangsung Meriah

12 Juni 2024 | 08:31:43 WIB Last Updated 2024-06-12T08:31:43+00:00
    Share
iklan
Peluncuran Tahapan Pilkada Kota Padang 2024 Berlangsung Meriah
PELUNCURAN Tahapan Pilkada Kota Padang ditandai dengan pemukulan gendang tambua oleh Pj Wako Padang didampingi Ketua KPU Padang

Padang, Khazanah – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padang meluncurkan tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Padang tahun 2024 di Ballroom Hotel Truntum Padang, Sumatera Barat, Senin (10/06/2024). Acara yang dibuka Penjabat (Pj) Walikota (Wako) Padang, Andree Algamar tersebut berlangsung sukses dan meriah, ditandai dengan pemukulan gendang tambua oleh Pj Wako Padang didampingi ketua KPU Kota Padang, Dorri Putra dan seluruh komisioner KPU Padang, Arianto, Arset Kusnadi, Jefri Hariyanto dan Randy Adi Tama.


Diisi dengan penampilan kesenian tari daerah minang dari Sanggar Seni Sumbar, diantaranya Tari Pasambahan, Tari Hoyak Hep Ta dan Tari Tangkelek, Peluncuran Mascot KPU Padang, perkenalan profil komisoner KPU Padang dan diakhiri dengan penampilan artis minang Rayola. Acara yang penuh semarak ini dipandu MC Uunk Yonas d' Partitur dan Fitria Rosadi.

    Pj Wako Padang, Andree Algamar dalam sambutannya menyampaikan apresiasi terhadap penyelenggaraan acara tersebut yang menurutnya sangat meriah.

    “Acara yang diselenggarakan KPU Kota Padang kali ini memang beda, meriah, semarak dengan penuh ceria, ini menunjukkan anggota komisioner KPU nya adalah yang muda-muda, penuh semangat,” kata Pj Wako disambut tepuk tangan meriah hadirin.

    Andree berharap pelaksanaan Pilkada kota Padang nanti juga akan berlangsung dengan suasana yang penuh keceriaan.

    “Pemko Padang bersama KPU dan Bawaslu Kota Padang berharap pesta demokrasi Pilkada Kota Padang yang akan berlangsung 171 hari lagi akan terlaksana dengan baik, masyarakat menyambutnya dengan penuh ceria, seperti yang digambarkan pada tarian tadi,” sambungnya.

    Ia mengajak masyarakat kota Padang untuk melaksanakan hak pilihnya pada pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Padang pada 27 November 2024.

    “Saya mengajak seluruh warga kota Padang untuk menggunakan hak pilihnya secara baik, Pilkada berintegritas akan menghasilkan pemimpin berkualitas,” ujarnya.

    Andree juga mengimbau semua pihak untuk menciptakan Pemilu yang sejuk, damai dan mengutamakan adu gagasan.
    “Tidak perlu baperan, mari adu ide dan gagasan, jangan adu domba. Kita ciptakan pemilu yang berintegritas, sesuai tema kita, Pilkada Bermartabat Berarti untuk Negeri, sehingga akan membawa Kota Padang sejajar dengan kota-kota besar lainnya di Indonesia,” imbau Andree.

    Ia juga mengingatkan jajaran Aparat Sipil Negara (ASN) dan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Padang untuk menjaga netralitas selama tahapan Pelkada Kota Padang 2024 dan meningkatkan pelayanan sebagai fasilitator.

    “Untuk para ASN, harus bersikap netral dan khusus para camat agar membantu memfasilitasi panitia pemilihan, jangan sampai mereka kecewa,” ujarnya.

    Sementara itu, Ketua KPU Kota Padang, Dorri Putra dalam sambutannya mengatakan acara peluncuran tahapan Pilkada Kota Padang 2024 ini bertujuan memberi tahu masyarakat bahwa proses pemilihan walikota dan wakil walikota Padang 2024 sudah dimulai.

    “Melalui kegiatan ini kami menyampaikan kepada masyarakat bahwa tahapan Pilkada kota Padang sudah dimulai dan mari berpartisipasi sampai pemungutan suara pada 27 November 2024 nanti,” ujar Dorri

    Dorri berharap dimulainya tahapan Pilkada tersebut, maka akan semakin banyak masyarakat yang menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

    “Kami berharap dengan telah dimulainya tahapan Pilkada kota Padang 2024 ini akan membantu masyarakat untuk menentukan siapa pasangan calon pilihannya yang akan memimpin kota Padang lima tahun kedepan,” lanjutnya.

    Ketua KPU Padang yang dilantik 13 Mei 2024 lalu tersebut mengajak semua pihak untuk mensukseskan Pilkada Kota Padang 2024.

    “Kepada semua pihak terkait, bawaslu, pemko Padang beserta jajarannya, partai politik, calon peserta dan seluruh panitia pemilu sampai ke PPK dan PPS, kami harapkan kerajasama dan partisipasinya agar Pilkada kota Padang 2024 ini dapat terlaksana dengan baik,” pungkasnya.   

    Turut hadir pada acara peluncuran tersebut Pj Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Padang Yosefriawan, Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Kota Padang Erisnanda, unsur Formopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah) Kota Padang, beberapa anggota DPRD Kota Padang, perwakilan partai politik, Camat dan Lurah se-kota Padang, anggota PPK (Panitia Pemilihan Kecamatan) di 11 kecamatan, dan PPS (Panitia Pemungutan Suara) di 104 kelurahan di kota Padang serta awak media cetak, radio, tv dan online. (JJ)