×

Iklan


Pelaksanaan Salat Idul Adha di Padang Panjang Tunggu Keputusan Pusat

18 Jul 2021 | 21:07:47 WIB Last Updated 2021-07-18T21:07:47+00:00
    Share
iklan
Pelaksanaan Salat Idul Adha di Padang Panjang Tunggu Keputusan Pusat
SUASANA pelaksanaan salat Id di lapangan Bancah Laweh Padang Panjang sebelum Covid-19. DOK

Padang Panjang, Khazminang.id-- Kota Padang Panjang masih dalam penerapan PPKM Darurat, yang sebelumnya ditetapkan mulai 12 hingga 20 Juli 2021. Namun dalam evaluasi dengan Kemendagri, Sabtu (17-7), Padang Panjang mendapat angin segar.

"Alhamdulillah, cukup banyak penurunan kasus Covid-19. Kemungkinan PPKM Darurat di Padang Panjang dihentikan. Mari kita sama-sama bermohon kepada Allah SWT, agar PPKM tak diperpanjang," ujar Kepala Dinas Kominfo, Ampera Salim.

Sementara menyambut Idul Adha 1442 H yang masih di situasi pandemi Covid-19, Pemko Padang Panjang mempersiapkan pelaksanaan ibadah salat Idul Adha sesuai anjuran pemerintah dan kementerian.

    "Pelaksanaan rapat persiapan sudah dilangsungkan, namun kepastian apakah salat Idul Adha boleh dilakukan di masjid, atau di rumah saja, belum bisa kita putuskan hari ini, Minggu (18-7), karena hasil akhir evaluasi PPKM belum diberikan oleh pusat. Insha Allah besok, Senin (19/7)," ujar Ampera.

    Lebih lanjut ujarnya, sebagaimana tahun sebelumnya, jika pelaksanaan salat Id dibolehkan di masjid atau lapangan, maka akan mengikuti aturan dari Kemenag dan Pemko. Di antaranya ada pembatasan jamaah yang hadir, serta menerapkan protokol kesehatan.

    Kabag Kesra Setdako Padang Panjang, Ade mengatakan, seandainya PPKM Darurat ditiadakan alias dihapus dan kota Padang Panjang berstatus zona kuning, maka pelaksanaan salat Idul Adha dapat dilaksanakan di masjid.

    "Tentunya, jamaah di masjid-masjid diminta agar disiplin terhadap protokol kesehatan, mengingat wabah Covid-19 masih ada," kata Ade.

    Kepada pengurus masjid, juga diminta untuk menyediakan perlengkapan protokol kesehatan, yakni masker, tempat mencuci tangan dan hand sanitizer. Selain itu, meletakkan stiker jaga jarak pada shaf salat.

    "Dalam pengawasan protokol kesehatan nantinya, pemko dan masjid bekerjasama dengan Satgas Covid-19 kota Padang Panjang," ucap Ade.

    Selain pelaksanaan salat Idul Adha, pemotongan hewan kurban juga menjadi perhatian. Dimana untuk pelaksanaan kurban ucap Ampera, akan dilangsungkan pada hari berikutnya setelah Hari Raya Idul Adha. Sehingga meminimalisir kerumunan yang terjadi pada masjid masjid. Paulhendri