×

Iklan


Pasar Bukittinggi Sering Terbakar, Walikota: Cari Dalangnya!

25 November 2021 | 20:03:50 WIB Last Updated 2021-11-25T20:03:50+00:00
    Share
iklan
Pasar Bukittinggi Sering Terbakar, Walikota: Cari Dalangnya!
Wali Kota Bukittinggi, Erman Safar bersama Sekdako, Martias Wanto dan OPD terkait meninjau lapak pasar bawah yang terbakar.

Bukittinggi, Khazminang.id-- Ternyata kebakaran yang terjadi di Pasar Bukittinggi beberapa kali mulai diendus kepolisian ada tindak pidananya. Bahkan Polres Bukittinggi kini telah menahan seorang tersangka yang diduga terkait dengan kebakaran itu. Walikota Erman Safar meminta polisi mengungkap kasus ini ke akar-akarnya.

Kebakaran beruntun di Pasar Bawah Kota Bukittinggi yang terjadi pukul 00.30 WIB Rabu dinihari (24/11) dan sebelumnya pada bulan September 2021, menjadi pertanyaan bagi Walikota Erman Safar. Ia minta poolisi menyelidiki apakah ada unsur kesengajaan dalam kasus kebakaran ini.

Sementara Kapolres Bukittinggi, Dody Prawiranegara melalui Kasi Humas, AKP Sitinjak menyampaikan, kejadian kebakaran yang menghanguskan puluhan lapak diketahui dari keterangan saksi yang mengetahui dan melihat kejadian kebakaran, bahwa sebelumnya melihat api membesar pada lapak di Pasar tersebut, dan saksi berusaha untuk memadamkannya, namun api tidak dapat dipadamkan.

    Setelah beberapa saat kemudian 10 (sepuluh) unit Mobil pemadam kebakaran mendatangi lokasi kebakaran, yaitu 6 (enam) unit dari Kota Bukittinggi, dan 3 (tiga) unit dari Agam, 1 (Satu) Unit dari Kota Padang Panjang, dan api dapat dipadamkan sekitar pukul 01.30 WIB. Unit Inafis Sat Reskrim Polres Bukittinggi masih melakukan olah TKP, mencari penyebab lapak yang terbakar sekitar 20 buah lapak.

    Walikota Bukittinggi, Erman Safar memang meminta kepolisian membongkar apakah ada indikasi kesengajaan atas kebakaran ini atau ada tindak pidana yang dilakukan. “Kalau memang ada indikasi, harus dibongkar ke akar-akarnya, siapa dalangnya,” kata Erman Safar.

    Walikota Bukittinggi itu mengatakan pihak kepolisian sudah mengamankan satu orang terduga yang diduga ada kaitannya dengan kebakaran tadi malam, karena ada alat bukti yang ditemukan berupa bahan bakar sekitar 2 liter.

    "Karena terdapat 3 titik api yang terpisah dalam waktu berdekatan ini yaitu di Aur tajungkang dan 2 lagi di pasar bawah, dimana di titik posisi api terlihat ada yang aneh dan berkemungkinan ada unsur kesengajaan,” ujarnya.

    Ditambahkan keterangan Erman Safar, ia berharap pihak kepolisian dapat membongkar siapa yang menjadi otak pelaku dari musibah ini, karena di pasar ini tempat kehidupan orang-orang di mana penghasilannya satu hari untuk hidup besok, dan sangat disayangkan jika ada aksi unsur kesengajaan.

    Wako juga menjelaskan, masih mengumpulkan data dari korban kebakaran pada hari ini dan sudah membuka pendaftaran siapa saja yang telah menjadi korban, lalu melakukan relokasi atau menunggu diperbaiki oleh Pemerintah Kota Bukittinggi

    Ia beserta Dinas pasar dan jajaran melakukan strategi pengamanan pada malam hari yang akan melibatkan Satpam dan Satpol PP agar menyiasati ulang kembali pembagian wilayah dan jam kerja, bagaimana menjaga pintu masuk di saat malam hari.

    "Dan pada hari ini dengan Satpol PP akan menyisir pihak-pihak yang menghuni pasar di luar pedagang di malam untuk antisipasi karena ini sulit diamankan apabila ada aktivitas di malam hari,” ungkapnya. (Iwin SB)