×

Iklan


Ollin by Nagari, Satu untuk Semua Layanan Perbankan

25 Maret 2024 | 21:15:45 WIB Last Updated 2024-03-25T21:15:45+00:00
    Share
iklan
Ollin by Nagari, Satu untuk Semua Layanan Perbankan

Oleh : Devi Diany

Siang itu, antre nasabah di Bank Nagari Cabang Pembantu Siteba Padang, tidak telalu banyak. Rasanya lega sekali, karena tak harus menunggu lama untuk menunggu giliran. Padahal biasanya, bank kebanggaan masyarakat Minang ini selalu ramai pengunjung. Antrean pun menjadi panjang. Mungkin ini efek bulan Ramadan dan kebetulan pula saat bersamaan cuaca Kota Padang terbilang sangat panas, sehingga orang keluar rumah jika benar-benar ada keperluan saja. Jika tidak, lebih baik di rumah saja.

Seorang gadis yang duduk di kursi tunggu terlihat sibuk dengan ponselnya di bagian pelayanan nasabah (customer service). Dia tak terusik dengan kehadiran orang lain yang mengambil posisi duduk di sebelahnya. Ya, begitu lah kebiasaan anak-anak zaman sekarang yang banyak ditemui. Duduk sambil menunduk, memainkan ponsel canggihnya. Di kursi pengunjung bagian teller, beberapa orang ibu juga terlihat sedang antre.

    Ketika diajak mengobrol, si gadis merespon sambil menyunggingkan senyumnya. Menggunakan hijab, berwajah oval, kulit putih dan ada lesung pipinya. Namanya Salsadina, mahasiswa Universitas Andalas Padang. Dia ingin melakukan update aplikasi Nagari Mobile Banking di ponselnya dengan aplikasi teranyar Ollin by Nagari.

    “Selama ini saya sudah menggunakan aplikasi Nagari Mobile Banking untuk berbagai keperluan, seperti bayar uang kuliah, beli paket internet atau mengecek kiriman uang dari orangtua,” jelas Salsadina.

    Namun beberapa hari lalu, dia dapat informasi dari teman kuliahnya yang menyebutkan Bank Nagari memiliki aplikasi SuperApps yang memberikan ⁠kemudahan transaksi, hampir seluruh transaksi bisa dilakukan dengan SuperApps ini. Sang teman sudah menggunakan aplikasi itu, namanya Ollin by Nagari dan menghapus aplikasi Nagari Mobile Banking di ponselnya. Salsadina pun ingin mengganti Nagari Mobile Banking dengan Ollin by Nagari.

    “Kayaknya aplikasi Ollin itu lebih banyak fitur-fiturnya. Selain itu, transfer uang menggunakan layanan BI Fast dengan proses yang cepat. Biaya transfer ke bank lain juga lebih hemat, hanya Rp 2.500,- per transaksi. Sedangkan di Nagari Mobile Banking, transfer ke bank lain kena biaya Rp 6.500,- per transaksi,” kata gadis yang akrab disapa Sasa ini.

    Tak lama dia dipanggil petugas di bagian pelayanan nasabah Bank Nagari. Salsadina beranjak dari duduknya kemudian duduk di kursi depan petugas. Dia menyampaikan maksud kedatangannya untuk menggunakan layanan mobil banking Ollin by Nagari.

    Petugas bank kemudian menjelaskan secara detail tentang Ollin by Nagari. Syarat untuk mendaftar hanya perlu membawa KTP dan kartu ATM. Setelahnya petugas bank meminta Salsadina untuk mendownload aplikasi Ollin di ponselnya. Tahap berikutnya untuk pendaftaran, si gadis cantik ini diminta untuk memasukkan nomor kartu ATM miliknya, nomor HP yang terdaftar dan kemudian melakukan face recognition atau pengenalan wajah.

    Face Recognition adalah salah satu teknologi biometrik untuk melakukan identifikasi wajah sebagai salah satu sistem keamanan ponsel dan aplikasi Ollin dari orang yang berniat jahat,” terang Lilik Suargani, Pemimpin Seksi Dana, Bank Nagari Capem Siteba yang ikut mendampingi.

    Tuntas. Kini Sasa sudah bisa menggunakan Ollin di ponselnya. Yang pertama kali dilakukannya adalah membuktikan transfer menggunakan BI Fast dengan proses yang cepat dan biaya transfer ke bank lain Rp 2.500,-. Segera dibukanya aplikasi Ollin, lalu menuju fitur transfer dan memasukkan nominal uang yang akan dikirim kepada temannya. Kemudian dia memilih metode transfer BI Fast, di sana tertulis biaya Rp 2.500,-. Yap, berhasil.

    Ibu yang antre di bagian teller juga sudah selesai melakukan transaksi. Namanya Resi Elfitri, seorang guru SMK di Kota Padang. Sang ibu telah menggunakan Ollin sejak awal diluncurkan. Kebutuhan transaksi keuangannya cukup tinggi di Bank Nagari. Dan dia mengaku sangat aman dan nyaman dengan layanan Ollin.

    Pasalnya, sang guru pernah kehilangan ponselnya. Tentu saja dia panik. Ada 2 rekening Bank Nagari miliknya yang terdaftar di Ollin. Juga ada aplikasi mobile banking dari bank lain dan beberapa dompet digital tersimpan di ponsel tersebut. Tetapi setelah diberitahu oleh suaminya jika Ollin by Nagari memiliki sistem keamanan yang tinggi, maka dirinya sedikit merasa tenang.

    “Keesokan hari saya langsung lapor ke Bank Nagari untuk proses pemblokiran rekening. Ketika sudah punya ponsel yang baru, saya datang lagi ke Bank Nagari minta tolong petugasnya  membantu saya mendownload Ollin di ponsel yang baru. Alhamdulillah, dana saya di tabungan aman semuanya,” katanya.

    Pjs Direktur Utama Bank Nagari, Gusti Candra sebelumnya menyebut, sistem keuangan digital Bank Nagari tidak mudah untuk diotak-atik oleh pihak yang tak bertanggung jawab. Sebab, sangat penting bagi perusahaan perbankan untuk mengamankan sistem digital keuangannya. Salah satunya dengan merekrut ahli cyber yang diharapkan menjadi pendorong peningkatan keamanan digital.

    “Kita memiliki ahly cyber untuk meningkatkan keamanan digital perusahaan,” katanya.

     

    Bank Nagari Capem Siteba. IST


    Giatkan Edukasi Ollin

     

    Wakil Pimpinan Bank Nagari Cabang Pembantu Siteba, Marniyanti saat ditemui di ruang kerjanya kemarin, menyebutkan, Ollin by Nagari merupakan penyempurnaan dari Nagari Mobile Banking. Ollin itu berasal dari kata All In yang artinya semua layanan bisa dijangkau dalam satu aplikasi super (super apps).

    Ollin memiliki fitur yang lebih lengkap dan nasabah bisa menyimpan beberapa nomor rekeningnya sekaligus. Selain itu, Ollin sudah menggunakan BI Fast, sehingga selain proses transfer dana lebih cepat juga biaya administrasi transfer ke bank lain menjadi lebih hemat, hanya Rp 2.500,- setiap kali transfer.

    “Ollin benar-benar memanjakan nasabah di era digital ini. Satu aplikasi untuk semua kebutuhan keuangan nasabah, banking in your hand. Semua diakses cukup dari dalam genggaman, kapan saja dan di mana saja,” kata Marniyanti didampingi Lilik Suargani, Pemimpin Seksi Dana Bank Nagari.

    Karena aplikasi ini belum setahun diluncurkan, maka belum semua nasabah menggunakan Ollin. Untuk saat ini, kalangan muda tercatat paling banyak sudah mendownload Ollin dan terkoneksi dengan layanan digital ini. Mereka umumnya anak muda yang sangat intens dengan dunia maya dan tinggal di perkotaan.

    Untuk menggenjot penggunaan Ollin, jajaran bank milik pemerintah daerah ini harus berjuang memberikan sosialisasi kepada masyarakat. Bagi nasabah yang datang ke kantor untuk berbagai keperluannya, maka sosialisasi tentang Ollin by Nagari lebih mudah diberikan dan segera saja bisa dibantu untuk memasang aplikasi Ollin di ponsel nasabah.

    “Cara ini tentu hasilnya belum maksimal, tidak banyak nasabah yang terjangkau untuk diberikan edukasi layanan digital mobile banking. Sebab kita bersifat pasif, hanya menunggu nasabah datang ke kantor,” terang Marniyanti yang biasa disapa Bu Mar ini.

    Oleh sebab itu, manajemen bank kebanggaan orang Minang ini menerjunkan timnya ke tengah masyarakat, mendatangi langsung komunitas-komunitas yang biasanya menjadi tempat masyarakat berkumpul, seperti kelompok arisan warga, pengajian atau kelompok ibu-ibu PKK dan komunitas orangtua di sekolah. Mereka diberikan sosialisasi tentang manfaat penggunaan transaksi digital Ollin by Nagari ini.

    “Untuk kegiatan arisan ataupun pembayaran iuran tetap di sekolah sepeti uang komite, dapat dikontrol menggunakan fitur Nagari Portal Payment. Jadi, kita segera tahu siapa yang belum bayar,” katanya.

    Masyarakat yang sudah menggunakan aplikasi Nagari Mobile Bankning, tidak sulit memberikan pemahanan untuk berpindah menggunakan Ollin. Tetapi yang belum pernah dan hanya punya rekening saja, maka perlu sosialisasi secara bertahap.

    “Kadang masalah nasabah ini bukan tidak mau menggunakan Ollin, tetapi kapasitas ponselnya benar yang tidak mendukung. Ada pula yang memang gagap teknologi, bingung dengan banyaknya fitur,” tambah Lilik.

    Bank Nagari juga siap melayani keluhan nasabah yang menggunakan Ollin. Tak terkecuali saat menyambut Lebaran nanti, karena biasanya terjadi peningkatan penggunaan layanan keuangan digital. (**)