×

Iklan


Ngurus KTP Sambil Ngopi, Hanya di Disdukcapil Pariaman

15 Oktober 2021 | 13:10:55 WIB Last Updated 2021-10-15T13:10:55+00:00
    Share
iklan
Ngurus KTP Sambil Ngopi, Hanya di Disdukcapil Pariaman
Dirjen Dukcapil Kemendagri RI, Zudan Arif Fakrulloh, ketika berkunjung ke Dinas Dukcapil Kota Pariaman, Kamis (14/10) lalu.

Pariaman, Khazminang.id -- Apa yang telah dilakukan oleh Dinas Dukcapil Kota Pariaman telah baik, tinggal memoles sedikit ruangan yang ada dan menambahkan satu ruangan khusus untuk pusat informasi.

“Pelayanan yang diberikan sudah baik, dan saya langsung menanyakan kepada masyarakat yang sedang mengurus surat-surat kependudukan, mulai dari pembuatan KK, KTP, penggantian KTP yang rusak dan pelayananyapun juga maksimal,” kata Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh.

Zudan memang datang sendiri melihat kondisi lapangan pelayanan di Disdukcapil Pariaman pada hari Kamis lalu. Maka dia pun  mengapresiasi salah satu pojok yang ada di Dinas Dukcapil Kota Pariaman ini, yang menyediakan teh dan kopi bagi masyarakat yang akan mengurus dokumen. Zudan bahkan  langsung membuat sendiri minuman yang ia suka untuk menemaninya duduk dipojok tersebut.

    “Luar biasa pelayanan yang diberikan oleh Dinas Dukcapil Kota Pariaman, dimana masyarakat bisa membuat minuman sendiri, karena sudah disediakan kopi, teh dan gula serta air panas yang tersedia di dispenser, jadi kalau ingin ngopi atau ngeteh, tinggal bikin sendiri, semoga hal ini dapat ditiru oleh Dukcapil lainya, sebagai bentuk pelayanan kita kepada masyarakat,” kata Zudan memuji kreasi Kepala Disdukcapil Pariaman Syahfirman itu.

    Kata  Sekda Kota Pariaman, Yota Balad,  kunjungan orang nomor satu di Direktorat Jenderal Dukcapil Kemendagri ini ke Dinas Dukcapil Kota Pariaman, menandakan Dinas Dukcapil Pariaman sebagai salah satu yang terbaik di Provinsi Sumatera Barat.

    “Dinas Dukcapil Kota Pariaman telah membuktikan menjadi salah satu Dinas Dukcapil yang terbaik di Sumbar, dan kita terus berkomitmen untuk menjadikan pelayanan kependudukan dan catatan sipil, menjadi lebih baik dari tahun ke tahun,” sebutnya.

    Yota Balad juga menegaskan saat ini Dinas Dukcapil Kota Pariaman sudah mempunyai ruangan yang representative, dan mengakomodir seluruh lapisan masyarakat yang akan mengurus dokumentnya, dan disini juga sudah menfasikitasi pelayanan untuk disabilitas, dan juga disediakan kursi roda untuk mereka, tuturnya.

    “Selain itu, berbagai macam upaya kita permudah dalam pelayanan dan memfasilitasi masyarakat,  kita juga jempuk bola dengan mengunjungi desa dan kelurahan yang warganya tidak bisa datang ke kantor, maupun untuk penyandang disabilitas, selain inovasi pelayanan mobile yang kami dinamakan Dukcapil Dilayani Dengan Genius (DIGI) mobile,” jelasnya.

    Lebih lanjut Yota Balad juga menuturkan bahwa Pelayanan mobile merupakan layanan pengurusan administrasi kependudukan online yang guna mempermudah masyarakat dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Akte Kematian dan pengurusan lainnya.

    “Kami berharap, aplikasi DIGI nantinya akan membantu dan mempermudah masyarakarat dalam pengurusan dan pengambilan dokumen administrasi kependudukan masyarakat. DIGI juga sangat gampang untuk digunakan, dan bisa didownload di playstore menggunakan perangkat android,” kata dia. (syafrial suger)