×

Iklan

LEBAH PKB SUMATERA BARAT MENINGKAT DUA KALI LIPAT
Naliansyah Berpeluang Rebut Kursi Sumbar 1

20 Februari 2024 | 20:02:27 WIB Last Updated 2024-02-20T20:02:27+00:00
    Share
iklan
Naliansyah Berpeluang Rebut Kursi Sumbar 1
CALEG DPRD Provinsi Sumbar dari PKB, Naliansyah Emiel Nisya. DOK

Padang, Khazminang.id-- Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berpeluang meraih satu kursi DPRD Provinsi Sumatera Barat dari Dapil Sumbar 1 (Kota Padang). Dari 10 orang calon legislatif partai besutan Muhaimin Iskandar itu, nama caleg nomor urut 1, Naliansyah Emiel Nisya, diprediksi akan menjadi pemilik kursi ke 10.

"Alhamdulillah, hitungan sementara dari hasil rekap C1 di hampir 60 persen lebih TPS, perolehan suara kita masih unggul dibandingkan yang lain," ujar Ketua Tim Pemenangan Naliansyah Emiel Nisya, Guntur Adhiyaksa Putra menjawab media di Padang, Selasa (20/2) sore.

Dikatakan, dari 11 kecamatan se Kota Padang, perolehan suara Naliansyah kata Guntur, cukup menonjol di Padang Selatan, Pauh dan Lubuk Kilangan, Kuranji, serta Lubuk Begalung.

    Sementara Naliansyah yang dihubungi terpisah mengaku, hingga kini pihaknya masih melakukan rekapitulasi salinan C1 dari seluruh saksi di TPS.

    "Seluruh tim kini juga tengah menyebar untuk mengawal pleno rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kecamatan. Insha Allah, kita mohon doa dari seluruh masyarakat Kota Padang untuk terus mengawal perjuangan ini," ujar Naliansyah.

    Sementara Ketua DPW PKB Sumbar, Firdaus, S.HI mengatakan, secara umum PKB Sumbar berhasil mendulang kursi pada Pemilu Legislatif 2024. Dari data yang masuk hingga Selasa (20/2), raihan kursi PKB di kabupaten/kota meningkat dua kali lipat dibandingkan dengan hasil Pemilu 2019 lalu.

    "Dari 24 kursi di DPRD kabupaten/kota se Sumatera Barat pada Pemilu 2019, tahun ini PKB berpotensi meraih 48 kursi. Alhamdulillah, naik dua kali lipat," sebut Firdaus yang juga sudah hampir memastikan akan mempertahankan kursi miliknya di Dapil Sumbar 2 (Pariaman dan Padang Pariaman).


    KETUA DPW PKB Sumbar, Firdaus, S.HI. DOK

    Untuk DPRD Provinsi Sumbar sendiri ujar Firdaus, saat ini PKB berpeluang meraih 4 kursi. Di antaranya dari Dapil 1 (Naliansyah Emiel Nisya), Dapil 2 (Firdaus), Dapil 6 (Bagas) dan Dapil 4 (Donnizar). Firdaus berharap, kondisi ini akan terus bertahan hingga pleno di tingkat KPU.

    Lompatan terbesar sebut Firdaus, terjadi di raihan kursi di tingkat kabupaten/kota. Dari potensi 48 kursi, masing-masingnya tersebar di Kota Padang sebanyak 4 kursi (dari 0 kursi), Padang Pariaman 5 kursi (dari 4 kursi), Agam 1 kursi (dari 0 kursi), Pasaman Barat 4 kursi (dari 2 kursi) dan Pasaman sebanyak 5 kursi (dari 4 kursi).

    Selanjutnya Kota Bukittinggi sebanyak 2 kursi (dari 1 kursi), Payakumbuh 3 kursi (dari 1 kursi), Limapuluh Kota 3 kursi (dari 2 kursi), Padang Panjang 1 kursi (dari 1 kursi), Tanahdatar 3 kursi (dari 0 kursi), Sawahlunto 2 kursi (dari 0 kursi), Sijunjung 3 kursi (dari 3 kursi), Dharmasraya 4 kursi (dari 1 kursi), Solok Selatan 2 kursi (dari 2 kursi) dan terakhir Pesisir Selatan 6 kursi (dari 3 kursi).

    "Kita hanya kosong di Mentawai, Kota dan Kabupaten Solok, serta Kota Pariaman. Pun demikian, kita tetap akan terus menunggu dan mengawal penghitungan suara di tingkat kecamatan. Mudah-mudahan masih akan terus ada penambahan," harap Firdaus.

    "Terimakasih kepada seluruh masyarakat Sumatera Barat yang telah memilih dan memberikan kepercayaan kepada PKB. Insha Allah, kita akan terus bersama-sama masyarakat untuk mengawal harapan dari seluruh warga Sumatera Barat. Selamat berjuang lebah PKB," pungkas Firdaus. Ryan Syair