×

Iklan

UNES JALIN KERJASAMA DENGAN KEJATI SUMBAR
MoU Bukan Formalitas, Tapi Untuk Ditindaklanjuti

13 September 2023 | 14:53:57 WIB Last Updated 2023-09-13T14:53:57+00:00
    Share
iklan
MoU Bukan Formalitas, Tapi Untuk Ditindaklanjuti
Penandatangan MoU oleh Rektor Unes Prof. Dr. H. Sufyarma Marssidin, M.Pd dan Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar Asnawi, SH, MH , disaksikan Ketua YPTP, Warek I dan Kepala Lembaga Kerjasama dan Sistim Informasi Unes.

Padang, Khazanah – Universitas Ekasakti dan Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Sumbar) menandatangani Nota Kesepakatan (MoU) yang ditandatangani oleh Rektor Unes Prof. Dr. H. Sufyarma Marsidin,  M.Pd  dan  Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat  Asnawi, S.H, M.H,  Senin (11/9) di Ruang Sidang Rektor Lantai I Gedung Rektorat Universitas tersebut pada Selasa (12/09/2023).

Penandatangan Nota Kesepakatan ini disaksikan para pejabat dilingkungan Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat, Ketua Yayasan, Sekretaris Yayasan, para Wakil Rektor, para Dekan dan Wakil Dekan, para Ketua Prodi, Kepala Biro, Kepala Lembaga dan Humas.


    Rektor Unes Sufyarma Marsidin dalam sabutannya mengatakan, kunjungan Kejaksaan Tinggi Sumbar ke Unes merupakan suatu kebanggaan bagi Unes dalam rangka penandatanganan MoU.


    “Ini dalam ruang lingkup Tridarma Pergurtuan Tinggi, pertama pendidikan dan pembelajaran, Unes mempunyai 21 Program Studi S1, 2 Prodi Diploma III dan S2 Ilmu Hukum,” ujar rektor   


    Dalam pendidikan dan pembelajaran ini ada inovasi yang dikembangkan oleh bapak Menristekdikti disebut RPL (Rekognisi Pembelajaran Lampau), menghargai pendidikan orang sebelumnya, baik pendidikan formal maupun informal, serta pendidikaan non formal. Juga mengkaji pengalaman kerja, kajian ini dievaluasi dan dinilai Tim Asesor. Satu dari akadedmisi dari Universitas dan satu lagi dari asosiasi provisi yang diambil dari LBH, Peradin dan sebagainya.


    “Orang inilah yang menilai kelayakan, berapa SKS yang diakui dan berapa SKS lagi akan diambil,” kata rektor.


    Lebih lanjut rektor menjelaskan terobosan yang dilakukan oleh perguruan tinggi yang ia pimpin


    “Saya kira ini merupakan terobosan baru Unes sebagai Lembaga Perguruan Tinggi yang menawarkan kepada Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat beserta


    Staf, khususnya dalam bidang ilmu hukum baik S1 dan S2 untuk meningkatkan dan mengembangkan pengetahuannya khususnya ilmu hukum,” ujar rektor.


    Pada kesempatan tersebut, Rektor minta agar Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat dapat memberikan Kuliah Umum pada mahasiswa  Unes  maupun terhadap mahasiswa ilmu hukum dan mahasiswa baru Unes.


    Penawaran kerjasama dari Universitas Ekasakti dengan Kejaksaan Tinggi Sumbar tersebut direspon oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Asnawi, S.H, M.H.


    “Sekarang pegawai kejaksaan banyak tamatan SMA yang akan melanjutkan studinya ke Perguruan Tinggi. Hal ini semata mata pengembangan ilmu pengetahuan dan SDM,” ujar Asnawi


    MoU adalah instrument terpenting dalam kerjasama , karena MoU merupakan bukti tertulis antara kedua belah pihak untuk melakukan kerjasama dengan tujuan ruanglingkup melaksanakan program kerja ke depan, terutama program magang.


    “Kejaksaan Tinggi lebih banyak membimbing dan mengarahkan mahasiwa ke teknis, selama ini mereka memperoleh ilmu formal di Universitas, anak magang itu belum paham,” ujar Kepala Kejaksaan Tinggi Sumbar


    Asnawi berharap setelah keluar dari Universitas sudah mempunyai bekal dan dipraktekan nanti

    “Kerjasama ini bukan sekedar  formalitas, tatapi harus kita tindaklanjuti bersama-sama dan kita coba untuk merealisasikan,  mudah-mudahan tujuan kita ini akan tercapai. diharapkan kerjasasma ini  dapat menjaga hubungan baik dan menjadi amal hibadah bagi kita,” ujar Asnawi.